oleh

Kapolres: Polisi Jaga Netralitas Saat Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Operasi Mantap Praja-2018 di Kabupaten Empat Lawang diikuti 569 personel pengamanan. Terdiri dari personel Polri dibantu personel TNI, Sat Pol PP dan Linmas siap mengamankan pemilih (data sementara) sebanyak 180.362 pemilih tersebar di 553 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan menyampaikan arahannya sebagai Pembina Apel gabungan dalam rangka Operasi Mantap Praja-2018 di halaman Mapolres Empat Lawang, Jumat (5/1) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam arahannya, Kapolres secara umum juga memerintahkan setiap jajaran untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan Pemilukada dengan sebaik-baiknya.

“Upayakan membentuk suasana Kamtibmas yang kondusif serta menjamin masyarakat untuk dapat memberikan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nurani,” sampainya di hadapan peserta apel.

Pada kesempatan tersebut juga, Kapolres Empat Lawang juga memerintahkan semua jajaran agar menggelar pelatihan pra-Ops Mantap Praja-2018, dalam menghadapi situasi dan kondisi, sehingga personel Polri, benar-benar siap menghadapi Pilkada serentak yang akan datang.

“Saya tegaskan anggota Polri agar tetap menjaga netralitas dengan tidak berpihak pada pihak tertentu dalam memberikan pelayanan dan tidakan hukum lainya, selama berlangsungnya tahapan Pemilukada 2018,” ujarnya.

Pengamanan Pemilukada lanjut dia, merupakan tugas mulia. Karena itu, mantan Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sumsel tersebut memaparkan beberapa hal yang harus dipedomani dalam pengamanan Pemilukada di Kabupaten Empat Lawang.

“Yang pertama, siapkan mental dan fisik dalam melaksanakan tugas supaya optimal,” urainya.

Selanjutnya, yang kedua kata Agus, agar dipetakan pada setiap kerawanan setiap tahapan Pemilukada 2018, juga mengimplementasikan antar pihak secara maksimal dengan memperkokoh kerjasama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI dan segenap komponen masyarakat guna mewujudkan sinerginitas polisional yang proaktif dalam rangka pengamanan pilkada pada tahun 2018.

“Bagi segenap anggota Polri, jaga komitmen, jaga netralitas, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pemilukada 2018,” tegasnya.

Agus juga menyampaikan, agar semua unsur pengamanan Pemilukada 2018, agar mewaspadai setiap ancaman terorisme yang memanfaatkan momentum pelaksanaan Pemilukada.

“Lakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran tindakan pidana pemilu secara terpadu melalui beberapa unsur. Berikan arahan yang jelas kepada setiap anggota sebelum melaksanakan tugas serta pedomani aturan dan SOP yang berlaku,” imbuhnya.

Pada bagian akhir, Kapolres Empat Lawang meminta agar menyiapkan rencana pengamanan komprehensif  kepada seluruh personel. Sehingga siap menghadapi situasi dan kondisi.

“Lakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi kinerja anggota. Untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam melaksanakan tugas di lapangan,” tegas dia. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita