oleh

Kapolres Kumpulkan Penyelenggara Pemilu

“Pak Kapolres menanyakan tahapan yang tengah berjalan, dan tadi kita juga melakukan sharing bersama stekholder lain,”kata Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri.

LINGGAU POS ONLINE, DEMPO – Mapolres Lubuklinggau mendadak ramai didatangi penyelenggara pemilu yang ada di wilayah Lubuklinggau, secara bergantian mereka tiba-tiba datang, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Jumat (29/12).

Bahkan, di sini hadir juga Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Kajari Lubuklinggau Hj Zairida dan Dandim 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara (MLM) Letkol Kav Dodi Syamsurizal.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan hadir mereka di Mapolres tersebut karena diundang oleh Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar untuk menjelaskan mengenai tahapan-tahapan yang tengah berjalan, baik Pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau, maupun Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut dia, dalam pertemuan yang dilakukan secara tertutup itu pihak kepolisian bukan hanya menanyakan tahapan di KPU, tapi juga menanyakan tahapan pengawasan yang tengah dilakukan Panwaslu.

“Pak Kapolres menanyakan tahapan yang tengah berjalan, dan tadi kita juga melakukan sharing bersama stekholder lain,” kata Efriadi Suhendri.

Dilanjutkannya, dalam pertemuan tersebut dijelaskannya kalau semua tahapan yang tengah berjalan saat ini berjalan dengan lancar, baik verifikasi faktual syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, hingga verifikasi faktual keanggotaan pengurus partai politik (parpol).

“Kedepan, kita akan lebih sering melakukan sharing dan evaluasi supaya bisa lebih baik lagi dari saat ini. Sebab, target kita jelas, yakni jadi penyelenggara terbaik, sehingga bisa jadi percontohan untuk daerah lain,”jelasnya.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar mengatakan kalau pihaknya hanya ingat mengingatkan kepada stekholder terkait kalau proses tahapan Pilkada telah mulai, jadi jangan tenang-tenang saja.

“Kita shering informasi, karena ingin mengetahui kendala-kendala yang dihadapi mereka hadapi. Intinya, saya meyakini betul suksesnya Pilkada berada di tangan penyelenggara,” jelasnya.

Apalagi, dilanjutkannya sudah ada target untuk menjadikan penyelenggaraan Pilkada di wilayah Kota Lubuklinggau jadi yang terbaik se-Indonesia. Dan target tersebut akan tercapai bila penyelenggara melakukan tugasnya dengan baik dan benar, kemudian partisipasi pemilih mencapai 85 %, serta zero konflik, baik pidana maupun administrasi.

“Jadi, pertemuan ini akan dilakukan secara rutin, demi membangun komitmen bersama tersebut,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita