oleh

Kapolres Ingatkan PPK Jangan Coba-coba Merubah Hasil Pemilu

LINGGAU POS ONLINE – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Lubuklinggau di-warning (diingatkan) untuk tidak main-main dalam melaksanakan tugas. Apalagi sampai merubah hasil pemilu (Pilpres dan Pileg) 2019 saat melakukan rekapitulasi suara tingkat PPK.  Penegasan ini disampaikan Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono kepada wartawan Jumat (19/4).
Peringatan disampaikan Dwi sangat wajar, mengingat potensi terjadinya kerawanan di tingkat PPK. Bahkan, Dwi berjanji akan menindak tegas terhadap siapa saja yang ingin mengacaukan pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat PPK dimulai Sabtu (20/4).
“Kalau sudah mengacaukan artinya sudah jelas, sesuai dengan UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017 sudah sangat jelas, yaitu pasal 50 akan dikurung 5 tahun,” tegas mantan Kapolres Pagaralam itu.
Jebolan Akpol 2000 itu mengaku juga memerintahkan kepada seluruh anggota PPK dan Polri untuk menjaga kotak suara atau logistik pemilu agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Baik yang mencoba merubah, membakar atau menghilangkannya.

Pengamanan tidak hanya terhadap fisik orang-orang. Tapi juga hasil pemilu harus diamankan. Polres Lubuklinggau juga berkoordinasi dengan Bawaslu untuk saling mengawasi. Karena hasil pemilu adalah hasil dokumen yang sangat penting.

Saat pelaksanaan rekapitulasi suara, Polres Lubuklinggau telah menyiapkan masing-masing 25 personil setiap PPK. “Di Mapolres juga kita siagakan personil yang siap membantu pengamanan apabila di PPK situasi kurang kondusif,” ucapnya. (blc)

Rekomendasi Berita