oleh

Kanwil Kemenag Sumsel Sukses Gelar Workshop EMIS PAKIS

Lubuklinggau Jadi Tuan Rumah

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK KUPANG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sukses mengadakan Workshop Penguatan Data Education Management Information System Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (EMIS PAKIS). Kegiatan ini diadakan selama empat hari, 24-27 Agustus 2018 di Aula Hotel Dafam Lubuklinggau.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, HM Alfajri Zabidi, SPd MM MPdI diikuti 59 peserta dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Dihadiri juga Kabag TU, Kabid PAKIS, Kakankemenag Kota Lubuklinggau bersama pejabat eselon IV dan kepala madrasah, Kakankemenag Musi Rawas (Mura), Kakankemenag Musi Rawas Utara (Muratara), para pejabat eselon IV bidang PAKIS, para kasi PAKIS/Pendis, kasi PAI, serta operator EMIS Pontren dan PAI 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

HM Alfajri Zabidi beserta jajarannya foto bersama peserta Workshop Penguatan Data EMIS PAKIS di Aula Dafam Hotel Lubuklinggau 24 – 27 Agustus 2018, Jumat (24/8).

Dalam arahannya, HM Alfajri Zabidi mengajak para aparatur Kemenag Sumsel untuk terus memperbaiki dan meningkatkan layanan publik. Menurutnya, layanan publik menjadi sangat penting yang membutuhkan political will dari pimpinan beserta jajarannya agar layanan publik semakin berkualitas.

Suami Hj Ekawati Alfajri ini juga menjelaskan, salah satu wujud layanan publik yang baik dengan penyediaan data yang akurat, tepat dan bertanggung jawab. Seperti data pada aplikasi EMIS sejalan dengan tuntutan zaman digitalisasi.

Sebelumnya Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Kabid PAKIS), H. Muhammad Ali, SAg MPdI melaporkan bahwa Workshop Penguatan Data EMIS PAKIS sebagai tindak lanjut perintah lisan Kakanwil untuk melaksanakan kegiatan di daerah kabupaten/kota. Sebab itu, dengan merevisi dua kegiatan workshop ini, maka untuk saat ini pertama kali dapat dilaksanakan di Kota Lubuklinggau yang disetujui Kakanwil.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendataan lembaga pondok pesantren, guru PAI, dan pengawas PAI melalui EMIS. Menambah wawasan dan pengetahuan seluruh peserta workshop dalam melaksanakan tugas sebagai operator EMIS PAKIS di daerah masing-masing.

Sesuai dengan tema kegiatan Melalui Workshop Penguatan Data EMIS Bidang PAKIS, Muhammad Ali mengajak semuanya untuk meningkatkan Kualitas Data yang Valid, Tepat Waktu dan Bertanggung Jawab.

Adapun materi workshop yaitu Sistem Informasi Pendidikan Islam, Tantangan dan Peluang Pendataan, Pengembangan EMIS, Optimalisasi Pendataan EMIS, Manfaat Data EMIS dalam Perencanaan Anggaran Pendis, Statistik Data EMIS PAKIS dan Tata Kelola Pendataan EMIS PAKIS, Sinergi Data EMIS dengan Program PD Pontren, Sinergi Data EMIS dengan Program PAI, Teknis Pendataan EMIS PAI, dan Teknis Pendataan EMIS Pontren.

Sedangkan narasumber kegiatan terdiri atas pejabat dan tim EMIS PAKIS Kanwil, serta Kakankemenag Kabupaten Musi Rawas dengan peserta terdiri pegawai Kanwil, para kasi PAKIS/Pendis, Kasi Pontren, Kasi PAI, serta operator EMIS Pontren dan PAI kabupaten/kota.

Sementara itu, Kasi Sistem Informasi Salman Karomi, SE MM menambahkan bahwa EMIS adalah sistem informasi manajemen pendidikan untuk mendukung perencanaan dan pengambilan kebijakan program pendidikan Islam.

Dan dijelaskan Salman adapun program Pendidikan Islam di satuan kerja Kanwil Kemenag Sumsel sesuai PMA Nomor 13 Tahun 2012 pada Bab II Pasal 176 terdiri atas Bidang Pendidikan Madrasah , dan Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam.

Lebih jauh, Salman mengungkapkan EMIS Bidang PAKIS merupakan bagian tugas dan fungsi Seksi Sistem Informasi yang mengelola pendataan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pendataan Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren).

Serta untuk data EMIS PAI terdiri atas entitas data personal guru PAI dan pengawas PAI, sedangkan data EMIS PD Pontren terdiri atas Pondok Pesantren, Diniyah Takmiliyah, dan Lembaga Pendidikan Alquran dengan entitas data lembaga, sarana prasarana, santri, pendidik dan tenaga kependidikan. (Rls/AE02)

Rekomendasi Berita