oleh

Kantor Pemerintahan Wajib Miliki APAR

MUSI RAWAS – Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) wajib menyediakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan), guna mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran di lingkungan OPD. Hal itu disampaikan, Kepala Sat Pol PP-Damkar Kabupaten Musi Rawas (Mura), Syamsul Joko Karyono kepada koran ini, Jumat (21/120.

Untuk memberlakukan semua itu, pihak Sat Pol PP-Damkar akan menyosialisasikan di setiap OPD. Karena setiap ruangan di masing-masing OPD harus tersedia APAR tersebut.

Sehingga jika terjadi bencana kebakaran akan mempercepat dalam penanganannya. Untuk itu keberadaan APAR di setiap ruangan dalam lingkup OPD, sangat penting.

Hanya saja sejauh ini sesuai dengan pemantauannya di setiap OPD, masih banyak OPD yang belum memiliki APAR. Untuk itu, dalam sosialisasi tersebut akan lebih ditekankan dan harus menyiapkannya.

Setelah memberikan sosialisasi di tingkat OPD, selanjutnya akan diteruskan ke tingkat kecamatan dan desa, hal ini perlu dilakukan karena saat ini armada pemadam kebakaran yang di miliki Pemkab Mura hanya dua unit. Sehingga tidak mampu meng-cover semua wilayah dalam Kabupaten Mura.

” Rencananya sosialisasi ini akan kita mulai di awal 2019 mendatang. Ini sangat penting jika terjadi kebakaran, karena tidak harus menunggu armada kebakaran datang,” kata Joko sapaannya.

Sar (35) seorang perangkat Desa Taba Remanik Kecamatan Selangit, mengatakan ia menyambut baik atas rencana Pemkab Mura untuk menyediakan APAR itu. Karena ketika terjadi kebakaran, dirinya bersama warga kewalahan dalam memadamkan api.

“Kalau setiap desa ada APAR, maka sangat membantu sekali jika terjadi kebakaran untuk antisipasi sebelum api membesar,” kata pria tinggi ini. (dlt)

Rekomendasi Berita