oleh

Kantor Disdukcapil Dinilai Terlalu Jauh

LINGGAU POS ONLINE, PETANANG ILIR – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau dinilai belum bijak dalam penempatan kantor pelayanan publik, salah satunya Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Lubuklinggau yang berada di Kelurahan Petanang Ilir, Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

Lokasi tersebut dinilai terlalu jauh, dan cukup memberatkan masyarakat. Sarana transportasi ke lokasi tersebut sangat minim.

“Petanang, Jalan Lintas Sumatera dengan kendaraan yang lalu lalang sebagian besar truk, dan mobil angkutan lain dengan kecepatan tinggi. Jalan tidak begitu lebar, jadi kalau mengurus administrasi kependudukan sangat jauh, seharusnya kantor pelayanan penting seperti itu diletakkan atau dibangun di tengah kota,” ungkap Marni (45) salah seorang warga Kelurahan Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Rabu (24/1).

Ditambahkan Marni, untuk ke Disdukcapil Kota Lubuklinggau jarang sekali ada Angkutan Kota (Angkot), sehingga ia harus naik motor ke sana.

“Ngeri juga naik motor, naik Angkot jarang ada Angkot,” tambahnya.

Menurut ibu tiga orang anak ini, hal ini sering menimbulkan pungli di kalangan Ketua RT jika warganya ingin minta tolong pembuatan administrasi kependudukan.

“Mau minta tolong pak RT ada uang transpornya juga, mana ada yang gratis. Makanya ini jadi alasan Pak RT untuk minta uang ke warganya,” tambah Marni.

Sementara itu, Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani menegaskan bahwa lokasi tersebut sudah sesuai. Untuk memudahkan layanan, Pemkot Lubuklinggau khususnya Disducakpil juga sudah menyediakan mobil layanan keliling.

“Sudah sesuai, sekarang juga ada layanan mobil keliling jadi warga bisa memanfaatkan itu,” cetus Rahman Sani.(13)

Komentar

Rekomendasi Berita