oleh

Kampung Warnai-warni Miliki Satgas

Untuk Menjaga Kebersihan dan Keamanan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU ULU – Atasi permasalahan sampah di objek wisata Kampung Warna-warni, Lurah Lubuklinggau Ulu, Serliza Maharani menegaskan pihaknya saat ini sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas). Mereka yang tergabung dalam Satgas, bertanggung jawab atas kebersihan di objek wisata Kampung Warna-Warni.

Tidak hanya itu, pembentukan Satgas yang diprakarsai atas Lurah Lubuklinggau Ulu ini tidak hanya untuk mengatasi permasalahan sampah. Mereka juga yang mem-back up, mengenai ketertiban, keamanan serta mendampingi tamu-tamu atau wisatawan yang berkunjung ke Kampung Warna-warni.

“Anggota Satgas ini berjumlah 15 orang, diambil dari Ketua RT 04, tukang parkir di Kampung Warnai-warni, serta masyarakat di RT 05 dan RT 06 lainnya. Mereka kita ambil yang betul-betul peduli terhadap Kampung Warna-warni. Karena Satgas ini tidak diberikan insentif. Mereka betul-betul swadaya, untuk menjadi kebersihan, keamanan dan ketertiban di objek wisata tersebut,” jelas Serliza, Kamis (9/11).

Paling tidak Serliza melanjutkan, kedepan objek wisata ini terawat dan terjaga kebersihannya. Semua anggota Satgas, sudah mendapatkan SK dari Camat Lubuklinggau Barat II.

“Mengatasi permasalahan sampah memang sulit, karena butuh waktu memberikan pemahaman kepada warga untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, melalui satgas ini nantinya yang gencar memberikan sosialisasi, serta mengingatkan warga di sekitar Kampung Warna-warni untuk bersama-sama menjaga lingkungan,” jelasnya kembali.

Mengenai sepinya pengunjung saat ini, hal itu menurutnya hal yang wajar.

“Karena ketika ada tempat hiburan atau objek wisata yang baru, masyarakat bosan ke objek wisata yang lama. Untuk itu tugas kami bersama Satgas, juga terus mempromosikan dan menjaga keindahan Kampung Warna-warni. Salah satunya, memberikan rasa aman, nyaman serta lingkungan yang bersih kepada pengunjung. Bahkan spanduk pemberitahuan adanya Satgas di sini, sudah kita pasang di pintu masuk Kampung Warna-warni,” tegasnya.

Begitu juga mengenai cat yang sudah pudar. Semua disebabkan cuaca yang kadang panas, namun kadang hujan lebat.

“Bahkan kedepan, enam rumah yang ada di RT05 dan RT06 yang mendapat bantuan bedah rumah, akan kita cat seperti rumah-rumah lainnya di sini,” lanjutnya.

Ia bersyukur, baik dari Bhabinkamtibmas di sana juga aktif.

“Turut membantu, menjaga keamanan dan ketertiban di sini,” tambahnya.

Yanto, salah seorang anggota Satgas mengaku siap mengemban amanah ini.

“Tentunya harus siap, agar kedepan Kampung Warna-warni menjadi bersih, aman dan tertib,” ungkapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita