oleh

Kalau ke Empat Lawang, Wajib ke Air Terjun Sanghe

LINGGAUPOS.CO.ID – Air Terjun Sanghe adalah salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Empat Lawang yang terletak di Desa Terusan Baru, Kecamatan Tebing Tinggi.

Jarak tempuh dari pusat kota Tebing Tinggi ke lokasi memakan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi.

Lalu dari pos pintu masuk berjalan kaki menuruni anak tangga memakan waktu 10 menit. Dari anak tangga suara gemuruh dan gemercik air terjun telah terdengar menyambut kedatangan para wisatawan.

Air yang sejuk serta pepohonan yang rindang tumbuh secara alami menambah keindahan air terjun sehingga membuat para pengunjung betah berlama-lama menikmati suasana alam.

“Selain menikmati suasana alam para pengunjung bisa beramain air, mandi, berselfi, serta menikmati bekal makanan yang dibawa dengan memandang percikkan air yang jatuh dari atas bebatuan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi, Selasa (23/2/2021).

Lanjutnya, Air Terjun Sanghe selain untuk rekreasi keluarga di akhir pekan bisa juga digunakan untuk para remaja yang ingin melakukan praweding.

“Air Terjun Sanghe telah memiliki fasilitas sarana dan prasarana seperti toilet, ruang ganti pakaian, serta gazeboh untuk beristirahat setelah para pengunjung bersenang-senang bermain air dan mandi,” katanya.

Tahun depan lokasi wisata tersebut akan  dipercantik lagi sehingga bisa menjadi wisata andalan di Kabupaten Empat Lawang.

“Setiap musim liburan, banyak pengunjung yang datang. Lokasinya sekarang juga sudah lumayan bagus karena dikelola pihak desa dan warga,” kata Wawi.

Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad mengatakan, sektor pariwisata akan dikelola dengan baik sehingga memikat wisatawan luar untuk berkunjung ke Empat Lawang.

“Empat Lawang banyak wisatanya antara lain mulai dari air terjun, danau, sampai batu megalit,” katanya.

Sektor wisata ini, lanjut Bupati, akan  dikembangkan sehingga menjadi icon Empat Lawang sehingga bisa mewujudkan Empat Lawang MADANI (Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis, Indah). (*)

Rekomendasi Berita