oleh

Kalau Anak Soleh, Pasti Cerdas

Bimbing Anak Agar Selamat Dunia Akhirat

Pendidikan memiliki peran penting dalam mengembangkan konsep berkehidupan yang mencerminkan nilai moral seseorang. Maka butuh kejelian orang tua, dalam menetapkan di mana putra-putri dididik sejak dini.

Laporan Qori Musdhalifah, Lubuklinggau

PERLU adanya penanaman nilai moral anak usia dini. Caranya, dengan menanamkan pendidikan keagamaan atau sentra iman dan taqwa (Imtaq). Kepala PAUD Ar Wardah, Hj Rukiyah mengatakan, sentra imtaq merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan kemampuan spiritual. Melalui pengembangan moral dan pengenalan agama pada anak usia dini.

Misalnya, kegiatan praktik salat, hafalan Alquran Juz 30, hafalan doa sehari-hari, praktik berwudhu, pengenalan huruf hijaiah, pengenalan kalimat toyyibah dan pengalamannya di dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk peningkatan Imtaq pada anak didik sejak usia dini, PAUD Ar-Wardah sudah melaksanakannya kepada anak didik sejak awal ajaran baru. Pada awal semester pertama anak-anak sudah diajarkan menghafal bacaan salat, doa-doa dan surah-surah pendek, bacaan saat berwudhu dan lainnya,” jelas Hj Rukiyah.

Ia melanjutkan, pada semester genap ini, anak diajarkan praktik salat dari mulai cara berwudhu yang baik dan benar, rukun-rukun salat, membentuk barisan, saf-saf pada salat, mengumandangkan azan dan sebagainya.

“Kegiatan praktik salat ini rutin dilaksanakan setiap Rabu, dan insya Allah kegiatan ini dapat membentuk kepribadian anak yang soleh, dekat dengan Allah SWT,” imbuhnya.

Kegiatan ini juga dapat mendidik anak untuk belajar disiplin dalam memelihara waktu dan menjaga berbagai aturan yang terkait dengan waktu, dengan cara-cara yang tidak mungkin baginya untuk melakukan kesalahan atau kekeliruan.

Rukiyah menambahkan, kecerdasan yang mendasari seluruh kecerdasan yaitu cerdas spiritual. Karena anak yang shaleh (cerdas spiritual), maka pasti cerdas. Sementara anak yang cerdas belum tentu shaleh. Dalam hal keshalehan ini yang perlu dilakukan orang tua adalah bagaimana agar anak memiliki akhlakul karimah (akhlak mulia), dapat dipercaya, memegang teguh prinsip kebenaran dan cerdas. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita