oleh

Kakankemenag Lubuklinggau Buka Bimtek Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah

LINGGAUPOS.CO.ID- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Lubuklinggau Drs H Azhari Rahardi MSi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Kepala Madrasah di Ballroom Dewinda Hotel Kota Lubuklinggau, Rabu (17/2/2021).

Azhari berharap kegiatan Bimtek ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan schedule yang sudah dibuat panitia dan diikuti para peserta dengan baik. Diapun menginginkan Bimtek tersebut mampu melahirkan para pemimpin, yakni kepala madrasah yang mampu memerankan tugasnya.

“Saya yakin kepala madrasah di Kota Lubuklinggau sudah memiliki kompetensi, namun dengan Bimtek ini kompetensinya akan semakin dikuatkan hingga lebih mumpuni dalam menjalankan kepemimpinan yang efektif, serta dapat mendukung pelaksanaan tugas,” ungkap suami Hj Jumianah SAg dalam sambutannya.

Alumni Pascasarjana Universitas Sjakhyakirti Palembang menyebutkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 58 Tahun 2017 Tentang Kepala Madrasah sebagai regulasi yang menjadi pijakan untuk standarisasi dan penjaminan mutu Kepala Madrasah. Untuk itu dia minta agar menggaungkan slogan Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat dengan membuktikan capaian prestasi dari masing-masing madrasah.

Sebelumnya Ketua Panitia Drs H Habibullah MAg menyampaikan maksud dilaksanakannya Bimtek agar kepala madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat dapat memenuhi standar persyaratan dalam untuk menduduki jabatan sebagai kepala madrasah swasta.

“Adapun tujuan umum Bimtek untuk memperkuat kompetensi kepala madrasah berdasarkan 8 SNP. Sedangkan tujuan khususnya agar kepala madrasah yang diselenggarakan oleh masyarakat memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang standar dalam mengelola madrasah agar memperoleh sertifikat sebagai persyaratan menduduki jabatan sebagai kepala madrasah swasta  danmeningkatnya kompetensi kepala madrasah sesuai tuntutan beban kerja kepala madrasah,” tambahnya.

Kegiatan Bimtek tersebut akan diselenggarakan selama empat hari, tanggal 17 hingga 20 Februari 2021 di Ballroom Dewinda Hotel Kota Lubukinggau.

Adapun pesertanya dari kepala RA dan madrasah di lingkungan Kankemenag Kota Lubuklinggau dan Kankemenag Kabupaten Musi Rawas Utara, peserta bimtek berjumlah 44 orang yakni 37 orang dari Kankemenag Kota Lubuklinggau dan 7 orang dari Kankemenag Kabupaten Muratara.

Kemudian narasumber Bimtek yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Lubuklinggau Drs H Azhari Rahardi MSi, Widyaswara Balai Diklat Keagamaan Palembang Rudi Hermawan MPd, Widyaswara Balai Diklat Keagamaan Palembang Marzal MPd. Adapun materi Bimtek, yakni Pre Test, Strategi Kementerian Agama dalam Meningkatkan Kompetensi Kepala madrasah dan RA, Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama, Pengembangan Kewirausahaan, Supervisi Guru dan Tenaga Kependidikan, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kepemimpinan Perubahan, Pengembangan Madrasah Berdasarkan 8 SNP, Pengelolaan Kompetensi Kepribadian dan Sosial, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru, Pengelolaan Sumber Daya Madrasah dan RA, Kepemimpinan Perubahan, dan Post Tes.(*)

Rekomendasi Berita