oleh

Kakak Tua Berhasil Diselamatkan

LINGGAU POS ONLINE – Dua ekor satwa dilindungi yakni jenis burung Kakak Tua Jambul Kuning dan Beo, berhasil diamankan unit Tipiter Polres Rejang Lebong, Senin (29/7). Kedua satwa ini diamankan petugas dari satu tempat di kawasan Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan.

Saat ini, selain mengamankan barang bukti, petugas juga masih melakukan penyelidikan terhadap kepemilikan satwa dilindungi tersebut.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika melalui Kasat Reskrim, AKP Andi Kadesma didampingi Kanit Tipidter, Ipda Ibnu Sina membenarkan informasi tersebut.

Dijelaskan Andi Kadesma, dua ekor hewan dilindungi jenis Kakak Tua Jambul Kuning dan Beo diamankan sekitar pukul 09.30WIB.

“Dalam peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan hewan tersebut termasuk dalam jenis satwa yang dilindungi,” paparnya.

Untuk pemilik sambung Andi Kadesma, berinisial NS warga Desa Rimbo Recap Curup Selatan masih dalam pemeriksaan petugas. Burung jenis Kakak Tua Jambul Kuning, sambung Andi Kadesma, diduga berasal dari kawasan Indonesia Bagian Timur.

“Kalau Sumatera tidak ada, burung ini adanya di kawasan Indonesia bagian timur. Satwa ini nanti kita akan koordinasi dengan pihak BKSDA,” paparnya.

Pengamanan satwa dilindungi ini dalam operasi Wanalaga 2019.

“Jika ada warga yang melihat satwa dilindungi dipelihara diharapkan bisa melaporkan pada petugas. Sementara yang kita dapatkan ada dua, tapi tidak menutup kemungkinan ada warga masih ada hewan dilindungi,” katanya.(sam)

Rekomendasi Berita