oleh

Kadus Serahkan Senpi ke Polisi

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kadus IV Desa Muara Kati Baru II, Ansyori, menyerahkan sepucuk Senjata Api Rakitan (Senpira) ke polisi. Penyerahan Senpi jenis kecepek laras panjang berlangsung di Mapolres Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, pukul 09.30 WIB, Jumat (18/5).

Kapolres Mura, AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Muara Beliti, AKP Tri Sopa mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan warga Desa Muara Kati Baru II. Karena Senpi yang diserahkan Kadus IV Muara Kati Baru II, merupakan serahan dari warganya, atas kesadaran sendiri.

Artinya, kesadaran warga di Desa Muara Kati Baru II sudah ada, dan sudah tahu kalau menyimpan atau memiliki Senpi itu melanggar hukum. Dan penyerahan Senpi oleh Kadus Ansyori ke Polsek Muara Beliti ini adalah yang pertama kali. Sesuai dengan Undang-Undang (UU) Darurat No.12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senjata Api Rakitan dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Ini hasil dari kegiatan sosialisasi dan imbauan yang dilakukan Bhabinkamtibmas terhadap warga, terutama warga yang menyimpan atau meliki Senpira, supaya diserahkan kepada petugas dari pada kedapatan petugas.

“Kami mengimbau kepada warga yang menyimpan dan memiliki Senpi tanpa hak, untuk menyerahkan kepada petugas. Bagi warga yang menyerahkan Senpi miliknya dengan kesadaran sendiri, maka tidak akan diproses secara hukum,” kata Tri Sopa.

Menurut Tri Sopa, diduga masih banyak warga yang menyimpan atau memiliki Senpira tanpa izin. Tetapi pihaknya terus melakukan sosialisasi dengan mengimbau warga untuk segera menyerahkan Senpira yang dimiliki atau disimpan kepada petugas.

Memiliki Senpira banyak efek negatifnya, seperti terlibat aksi kejahatan, karena dampak dari kepemilikan Senpira setidaknya lebih berani untuk melakukan tindakan.(03)

Rekomendasi Berita