oleh

Kadus IV Desa Rejosari Serahkan Senjata Api Rakitan

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG SAKTI – Dua Senjata Api Rakitan (Senpira) satu laras panjang jenis kecepek dan satu jenis pistol diserahkan Kadus IV, Desa Rejosari, Kecamatan Megang Sakti, Mustaji.

Penyerahan Senpira itu dilakukan pukul 18.40 WIB, Sabtu (4/11) di kediamannya.

Kapolres Musi Rawas, AKBP Pambudi melalui Kapolsek Megang Sakti, Iptu Romi mengatakan bahwa dua pucuk Senpira jenis kecepek dan pistol tersebut, diserahkan oleh Kadus IV, Desa Rejosari.

“Penyerahan Senpira ini sebagai bukti bahwa masih ada kesadaran warga terhadap hukum dan merupakan dukungan nyata warga terhadap penertiban senjata api rakitan, guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah Kecamatan Megang Sakti, ” kata Romi, Minggu (5/11).

Kapolsek menjelaskan, apabila banyaknya peredaran senjata api secara ilegal di masyarakat, maka akan berpeluang banyaknya potensi perbuatan-perbuatan yang melawan hukum.

“Jadi besar kemungkinan warga yang menyimpan Senpira walaupun tidak digunakan, maka ketika terdapat permasalahan hukum atau permasalahan secara ekonomi, makan secara psikis, dorongan untuk menggunakan senjata api rakitan untuk melakukan perbuatan melawan hukum,” jelas kapolsek.

Lebih lanjut ia menjelaskan, oleh sebab itu kepada warga yang masih menyimpan Senpira akan lebih baik segera menyerahkannya agar tidak terlibat dengan rana hukum.

“Tentunya apabila diserahkan kepada aparat keamanan maka tidak akan diproses secara hukum, namun apabila sebaliknya maka akan dilakukan proses hukum,” ucapnya.

Kapolsek menambahkan, walaupun demikian akan terus menerus menyosialisasikan masyarakat sadar hukum agar tetap mendukung terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif serta sehubungan dengan sedang dilaksanakannya Operasi Sapu Jagat 2017.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita