oleh

Kadisnaker Lubuklinggau: Kasih Waktu Pekerja Untuk Nyoblos

-Lubuklinggau-439 dibaca

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Lubuklinggau akan membuat Surat Edaran (SE) kepada semua pelaku usaha di Kota Lubuklinggau untuk memberikan waktu khusus pekerjanya berpartisipasi dalam Pemilukada, Rabu (27/6) mendatang. Minimal pekerja diberi waktu 30 menit hingga 1,5 jam.

“Kita bahas besok (Senin,25/6), terkait payung hukumnya berupa SE, wacana itu sudah ada,” kata Kepala Disnaker Kota Lubuklinggau, Purnomo, Minggu (24/6).

Menurut Purnomo, pelaku usaha wajib mematuhi hal ini. Mengingat ini hak warga negara termasuk pekerja swasta.

Di Kota Lubuklinggau terdapat 510 perusahaan, dengan pekerja belasan ribu orang. Tentunya partisipasi pelaku usaha dan pekerja sangat penting menyukseskan Pilkada.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah mewacanakan libur nasional saat penyelenggaraan pilkada serentak pada 27 Juni mendatang. Hal ini mengacu pada aturan saat Pilkada tahun 2015 dan 2017. Seperti diketahui, tanggal 15 Februari 2017 sempat ditetapkan sebagai hari libur nasional karena masa pencoblosan Pilkada 2017.

“Pada pilkada 2017 yang lalu diterbitkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2017 pada 15 Februari sebagai Hari Libur Nasional,” kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar Baharuddin.

Menteri Bidang Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengatakan ada usulan yang diliburkan hanya 171 daerah yang melaksanakan pilkada serentak. Namun, usulan lainnya menyebutkan sebaiknya libur nasional karena pemilih tidak hanya berasal dari 171 daerah itu saja.

“Tadi baru diwacanakan. Nanti tentu butuh keputusan pemerintah, presiden dalam hal ini, mengapa nanti libur nasional diusulkan,” ucap Wiranto , Jumat lalu. (07)

Rekomendasi Berita