oleh

Kadisdik Linggau Dukung Program Kirim Surat ke Gubernur

LUBUKLINGGAU – Lomba Menulis Surat untuk Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) akan segera digelar Februari 2019. Menjelang diselenggarakannya kegiatan tersebut, General Manager Budi Santoso dan tim, audiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Lubuklinggau Dr. H Tamri, Kamis (10/1).

“Kami bagian dari Sumatera Ekspres Group (SEG) dipercaya Gubernur Sumsel H Herman Deru untuk mengadakan Lomba Menulis Surat di Atas Kertas Koran untuk Gubernur. Event ini melibatkan siswa SMA/SMK dan SMP/MTs sederajat,” jelas Budi Santoso mengawali perbincangan di ruang Kepala Disdikbud itu, kemarin.

Event yang ditargetkan diikuti ratusan ribu peserta didik ini akan memecahkan Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Budi Santoso sangat bersyukur, Linggau Pos dipercaya sebagai salah satu media yang menyelenggarakan kegiatan ini.

Mendengar paparan itu, Kepala Disdikbud Kota Lubuklinggau Dr H Tamri mengapresiasi. Ia siap mendukung dan melibatkan siswa-siswi SMP untuk andil dalam lomba ini.

“Jelas kami dukung. Bahkan nanti akan kami buatkan surat rekomendasi. Agar kepala SMP di Kota Lubuklinggau mengerahkan siswa-siswinya andil dalam kegiatan ini. Apalagi ini surat untuk Gubernur Sumsel,” jelas dia.

Pemimpin Redaksi Linggau Pos, Endang Kusmadi menambahkan, dalam teknis penulisan surat tidak terkait dengan tema tertentu.

Budi Santoso menambahkan, pelajar SMA dan SMP sederajat diberikan keleluasaan untuk ‘curhat’ dengan Pak Gubernur.

“Jadi misalkan ada yang kesulitan biaya sekolah, atau ada yang mau kuliah tapi bingung, bahkan mungkin ada yang berprestasi, sekolahnya rusak, dan lain sebagainya bisa diungkapkan dalam surat tersebut,” jelas Budi.

Curhatan para pelajar itu, ditulis di atas Koran Linggau Pos. Nantinya, dalam bulan Januari 2019 ini, Linggau Pos akan menerbitkan space khusus yang kosong untuk jadi tempat pelajar mengeluarkan uneg-unegnya kepada Gubernur Sumsel dalam bentuk surat.

Selain mengapresiasi program ini, Kepala Disdikbud juga mendukung Linggau Pos yang terus konsisten mengadakan kegiatan Baca Linggau Pos Bersama.

“Pokoknya saya minta SMP sederajat ikut kegiatan ini,” pesan H Tamri.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel Herman Deru merespons positif kegiatan tersebut. Namun HD meminta surat tersebut tidak dibatasi dengan tema. Tujuannya agar surat yang dibuat oleh pelajar tersebut murni berisi keluhan, curhatan atau saran dan kritik.

Pada dasarnya, lanjut HD, surat itu adalah penyampaian sesuatu yang berkaitan dengan isi hati. Walaupun lombanya surat untuk gubernur, namun jika dalam perjalanannya pelajar mengirimkan surat untuk wagub tidak masalah baginya.

“Jangan pernah batasi imajinasi mereka. Karena pada prinsipnya saya suka mendengar masukan dari siapa pun dan kalangan mana pun. Tidak selalu harus pejabat,” katanya.

HD berharap kegiatan ini juga didukung oleh Diknas Sumsel dan OPD yang berkaitan. (lik)

Rekomendasi Berita