oleh

Kades Diminta Aktif Lakukan Pencegahan Karhutla Di Empat Lawang

LINGGAU POS ONLINE – Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Tebing tinggi diberikan pemahaman dan sosialisasi tentang Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal tersebut disampaikan Kasat Bimas Polres Empat Lawang, AKP Asnawi melalui Baurmintu Sat Bimas, Bripka Harpin di Aula Kantor Camat Tebing Tinggi, Selasa (17/9).

Sosialisasi ini sengaja diberikan kepada seluruh Kades dan Lurah, ketika ada titik api di wilayahnya masing-masing bisa segera melapor ke Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing.

Kades ataupun lurah harus berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing, terutama desa yang memiliki hutan yang saat ini sangat rentan kebakaran.

“Kami imbau agar kades aktif lakukan pencegahan, jangan sudah kebakaran baru koordinasi. Ingat, Karhutla masalah serius saat ini,” ungkapnya

Bagi yang terbukti melakukan pembakaran lahan, hutan dan semak belukar maka bisa dipidana.

“Berdasarkan Undang-Undang Pidana Pasal 187 KUHP pembakaran hutan, lahan, semak belukar bisa disanksi pidana penjara selama 20 tahun dan denda uang sebesar Rp10 miliar,” tegasnya

Ia juga meminta Lurah dan Kades agar membagikan masker secara gratis kepada masyarakat, untuk pencegahan penyakit yang diakibatkan oleh kabut asap.

“Apalagi Kecamatan tebing tinggi sudah mulai ada kabut asap kiriman,” tambahnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita