oleh

Kades Deklarasi Rumah Tanpa Asap Rokok

Masyarakat Apresiasi Bupati Buat Program GMSS

Giliran Kepala Desa di Kecamatan Tugumulyo melakukan deklarasi kawasan rumah tanpa asap rokok, bagaimana tanggapan warga dengan program ini?

Laporan Mutiara Rahma, Tugumulyo

Program-program kreatif terus digaungkan oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dalam memajukan Kabupaten yang berslogan Lan Serasan Sekentenan.

Setiap awal bulan Bupati Musi Rawas bersama jajarannya melaksanakan program Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat (GMSS). Di mana pada 1 November ini, GMSS dilaksanakan di Desa L Sidoarjo, Kecamatan Tugumulyo.

Dalam kegiatan tersebut sedikitnya ada 18 desa dan satu kelurahan yang melakukan deklarasi rumah tanpa asap rokok disaksikan langsung oleh pejabat di lingkungan pemerintah daerah Musi Rawas, Ketua TP PKK, Hj Noviar Marlina Gunawan, serta seluruh masyarakat di Tugumulyo

“Jadi Kades dan Lurah melakukan deklarasi kawasan rumah tanpa asap rokok, kita sudah mengetahui bagaimana dampak asap rokok jika dihirup oleh anak-anak kita, jadi sesuai dengan komitmen bersama, kalau merokok jangan di dalam rumah,” kata Hendra Gunawan, Rabu (1/11).

Dalam deklarasi ini setiap Kades membuat peraturan desa (Perdes) yang berisi tentang masyarakat tidak merokok dalam rumah, kemudian tidak menyediakan asbak rokok dalam rumah dan menghilangkan asap rokok.

Sementara itu, salah seorang warga Kecamatan Tugumulyo, Gresinta menyambut baik dengan deklarasi kawasan rumah bebas asap rokok ini.

“Positif banget tentunya, karena kita kaum perempuankan tidak dirugikan kalau rumahnya steril dari asap rokok. Baguslah, gebrakan-gebrakan yang dibuat oleh bupati. Semoga kedepan tambah maju saja Musi Rawas ini,”ungkap warga G1 Mataram.

Di tempat berbeda, Siti Patonah juga memberikan apresiasi.

“Saya memang berkecimpung di dunia kesehatan, makanya sangat senang dengan adanya kebijakan ini. Alhamdulillah, semoga komitmen ini diikuti oleh semua orang,”tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita