oleh

Kabag RBP Polda Pantau Fasilitas Pelayanan

Polres Linggau dan Mura

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Jajaran Polres Musi Rawas (Mura), Senin (7/5) mendapat kunjungan Kabag Reformasi Birokrasi Polri (RBP) Polda Sumatera Selatan (Sumsel), AKBP Herwansyah Saidi. Kedatangan mantan Kapolres Mura ini untuk meninjau dan penilaian langsung kinerja sejumlah fasilitas pelayanan kepolisian masyarakat di Mapolres Mura.

Kedatangan Herwansyah pukul 13.30 WIB di Mapolres Mura, disambut langsung Kasat Lantas Polres Mura, AKP Budi Hartono Sutrisno. Selanjutnya, Kabag RBP Polda Sumsel itu langsung melaksanakan rapat terbatas bersama, Kasat Lantas AKP Budi Hartono Sutrisno, Kasat Reskrim, Kasat Sabara dan Kasat Intel.

Usai rapat Herwansyah mendatangi setiap ruangan pelayanan sarana dan prasarana pembuatan SIM Satlantas, pelayanan administrasi pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Selanjutnya, Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) tak luput dari peninjauan dan penilaian.

Herwansyah mengatakan, peninjauan pada seluruh jajaran Polres ini bagian dari tanggung jawab tugas, dalam rangka pengawasan dan penilaian. Penilaian itu dilakukan terhadap keberadaan pelayanan kepolisian terhadap masyarakat.

“Kami datang dalam rangka memantau pelayanan yang diterapkan kepolisian terhadap masyarakat di jajaran Polres yang ada di wilayah Polda Sumsel. Sebelum ke Polres Mura kita mengunjungi Polres Lubuklinggau. Setelah itu kami akan berkunjung ke Polres Empat Lawang. Untuk pelayanan sudah berdasarkan pengamatan dan penilaian kami sudah bagus,” kata Herwansyah.

Menurut Herwansyah, sebenarnya pengawasan seperti ini kerap dilakukan, terutama terhadap fasilitas layanan dan personel yang memberikan pelayanan. Targetnya, semua jajaran Polres di Polda Sumsel harus memiliki kriteria dan penilai yang baik.

“Semuanya sudah bagus, tapi pelayanannya perlu tingkatkan lagi. Tujuannya, supaya usaha mewujudkan Polri mengayomi dan melayani serta lebih dekat dengan masyarakat terpenuhi,” katanya.

Kasat Lantas Polres Mura, AKP Budi Hartono Sutrisno mengatakan, kedatangan petinggi Polda Sumsel ini bentuk pengawasan terhadap kinerja personel.

Menurut Busi Hartono, di Polres Mura ada beberapa pelayanan, diantaranya pelayanan sarana dan prasarana pembuatan SIM, pelayanan pembuatan SKCK, pelayanan pengaduan SPKT dan pelayanan pengambilan Sidik Jari.

Mengenai layanan sarana dan prasarana Pembuatan SIM, personel Satlantas telah berupaya terapkan pelayanan prima, melalui penerapan pelayanan langsung atau online. Bagian Satlantas dalam memberikan pelayanan pembuatan SIM telah melakukan terobosan terbaru, yakni pembuatan SIM sistem online.

Semua warga Indonesia sudah punya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), bisa membuat SIM di mana saja wilayah Indonesia. Tetapi harus lulus uji praktik mekanisme online dan tes di lapangan. Tujuannya untuk membrantas praktek pencaloan dan Pungutan Liar (Pungli),” jelas Budi.(03)

Rekomendasi Berita