oleh

Jurnalis MAN 1 Belajar ke Linggau Pos, Silampari TV dan Linggau Pos Online

LINGGAU POS ONLINE – Menjadi seorang wartawan mesti memiliki mental baja dan pasti sudah ada jiwanya yang akan terus mengalir hingga kapanpun. Hal ini diungkapkan Pimpinan Redaksi Harian Pagi Linggau Pos, Sulis kepada 35 jurnalis MAN 1 Lubuklinggau, Rabu (23/10/2019).

Dihadapan 35 siswa siswi jurnalis, Sulis juga  berharap para jurnalis MAN 1 agar terus menekuni skill jurnalistik atau menulis dan jangan mundur, karena tidak menutup kemungkinan, skill menulis ini bisa dipergunakan dimana dan kapanpun.

“Karena skil jurnalistik tidak hanya dipakai untuk media saja, karena ketika media pun tidak ada, kalian masih bisa menggunakan skill jurnalistik ataupun skill menulis. Menjadi seorang ibu rumah tangga pun tidak menutup kemungkinan bisa menulis dan menghasilkan sebuah karya,”ungkap Sulis, yang memberikan materi pertama mewakili Harian Pagi Linggau Pos, mengenai tata krama dan tata cara menjadi seorang jurnalistik.

Sama seperti tahun lalu, tahun siswa siswi jurnalistik MAN 1 Lubuklinggau kembali mendatangi Kantor Graha Pena Linggau Pos, untuk menimba ilmu mengenai jurnalistik. Berbedanya, tahun ini siswa siswi MAN 1 memperoleh ilmu jurnalistik dari 3 media yang berada di Graha Pena Linggau Pos, meliputi Harian Pagi Linggau Pos, Linggau Pos Online dan Silampari TV.

Bersama Linggau Pos Online, para siswa siswi diberikan pembelajaran mengenai cara menulis berita online yang cepat, pemahaman mengenai berita HOAKS serta praktik langsung membuat berita, yang dibimbing langsung General Manager Linggau Pos Online Endang Kusmadi.

Sedangkan di Media Silampari TV, siswa siswi jurnalistik MAN 1 yang fokus menekuni bidang reporter dan videografer turut diajarkan cara pengambilan gambar yang baik dan benar, editing video dan tentunya menjadi menjadi seorang reporter yang berbicara di depan kamera langsung, yang dibimbing langsung oleh Patria Perdana Putra selaku Koordinator Program dan Tehnik Silampari TV.

Kepala MAN 1 Lubuklinggau, Taslim diwakili Pembina Jurnalistik MAN 1 Hariani dan Dedi Heriansyah menjelaskan kegiatan ini sudah menajdi agenda tahunan siswa siswi jurnalistik MAN 1, dengan harapan kegiatan ini dapat meningkatkan semangat anak-anak untuk lebih aktif dan semangat lagi dalam menulis dan melakukan kegiatan jurnalistik.

“Terima kasih kepada pihak Linggau Pos yang telah memberikan pembelajaran yang banyak untuk siswa siswi MAN 1. Dan tidak hanya siswa siswi MAN 1, saya pun mendapatkan ilmu yang banyak dari kegiatan ini, salah satunya mengenai cara menentukan judul sebuah berita agar menarik perhatian pembaca. Smeoga ilmu yang didapatkan anak-anak hari ini dapat bermanfaat, dan anak-anak tetap giat dan menulis dan membaca,”harapnya. (*)

Laporan: Qori Musdalifah

Rekomendasi Berita