oleh

Jumat, KPU Muratara Pleno Penetapan Paslon Terpilih Pilkada

LINGGAUPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas Utara (Muratara), Jumat (19/2/2021) akan melaksanakan pleno penetapan pasangan calon (paslon) terpilih Pilkada Muratara 2020.

Pleno ini dilaksanakan setelah KPU Muratara menerima putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020 yang diajukan oleh pasangan calon Syarif dan Surian.

“Putusan MK sudah kami terima melalui KPU RI, Rabu (17/2/2021) malam,” jelas Ketua KPU Muratara Agus Mariyanto, Kamis (18/2/2021).

Agus menjelaskan setelah pelaksanaan pleno, KPU Muratara secepatnya menyampaikan hasil pleno ke DPRD Muratara dan Pemkab Muratara, agar kemudian disampaikan ke Gubernur Sumsel dan Mendagri.

Sementara itu, sebelumnya Asisten I Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sumsel Edward Chandra mengatakan jika MK menolak gugatan PHP Muratara, maka secepatnya akan diajukan ke Mendagri, agar bisa dilantik bersamaan dengan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan tidak dapat menerima permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2020 yang diajukan oleh pasangan calon Syarif dan Surian.

Hal ini seduai petikan amar Putusan Nomor 03/PHP.BUP-XIX/2021 yang diucapkan dalam persidangan pada Rabu (17/02/2021) Pukul 16.00. Sidang dilaksanakan secara virtual di Ruang Sidang Pleno MK dipimpin Ketua MK Anwar Usman dididampingi delapan hakim konstitusi.(*)

Rekomendasi Berita