oleh

Juara 1 Film Pendek dan Juara 2 Sekolah Sehat se-Sumsel

Prestasi Gemilang SMPN Bumi Makmur Muratara

Walaupun berada di ujung Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Namun, SMPN Bumi Makmur terus berprestasi. Apa saja yang pernah diraih sekolah yang terletak di Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ini.

Laporan Qori Musdalifah, Muratara

SUMSEL memiliki 17 kabupaten dan kota dengan berbagai suku yang beragam. Dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) termasuk salah satu di dalamnya, yang merupakan kabupaten baru yang berbatasan dengan Provinsi Jambi.

Di sanalah SMPN Bumi Makmur berada, tepatnya di Kecamatan Nibung. Sekolah ini baru saja meraih prestasi yang membanggakan, yakni Juara 1 Lomba Film Pendek Berkarakter dan Juara 2 Sekolah Sehat Tingkat SMP sederajat se-Sumsel.

Kepala SMPN Bumi Makmur, Hendro Ratmoko, S.Pd mengatakan sangat bangga dan terharu atas prestasi yang berhasil di raih sekolah tersebut.

Ia menceritakan SMPN Bumi Makmur memiliki sejarah singkat. Tahun 1968 berada di daerah transmigrasi, dengan akses transportasi yang cukup jauh dari pusat pemerintahan.

“Hal ini menyebabkan SMPN Bumi Makmur tidak dapat berkembang pesat layaknya SMP lain di luar kecamatan kami, yang lebih dekat dengan pusat pemerintahan. Namun kami tidak pernah mengeluh dengan keadaan, karena itu sudah pena takdir, tinggal kita melanjutkan goresan itu agar enak dibaca dan menjadi catatan emas bagi yang melihatnya,” tutur Hendro.

Bahkan, SMPN Bumi Makmur yang semula tidak diperhitungkan orang, tidak dipandang bahkan dengan sebelah mata saja, membuat Hendro ingin membuktikan bahwa SMPN Bumi Makmur itu ada dan bisa berdiri tegak layaknya SMP lain.

Dan puncaknya pada acara Diseminasi Program Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Sumsel Tahun 2018, yang diadakan oleh lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumsel, di mana mengundang SMPN Bumi Makmur karena mendapatkan dua nominasi lomba yang baru beberapa bulan lalu diikuti.

“Undangan ini saja sudah sangat membanggakan bagi kami, untuk tingkat SMP Model di 3 kabupaten/kota (Muratara, Lubuklinggau dan Musi Rawas) hanya SMP Bumi Makmur yang mendapatkan 2 nominasi limbah sekaligus, dan tentu saja satu-satunya di Kabupaten Muratara. Kami rasa cukup dengan ini saja, sudah membanggakan bagi kami,” ungkapnya.

Malam puncak acara Diseminasi LPMP, Rabu (19/12) tepatnya pukul 22.00 WIB di Hotel Aston Palembang, Kepala SMPN Bumi Makmur Hendro Ratmoko dipanggil ke podium untuk menerima hadiah Juara satu dalam Lomba “Film Pendek Berkarakter” tingkat SMP Model, dari hasil karya sekolah kami berjudul “Jangan Takut Meraih Mimpi Hingga Menjadi Nyata”.

Dikatakannya, film pendek ini berdasarkan pada kisah nyata murid SMPN Bumi Makmur bernama Rizky Putra Pratama yang berprestasi di bidang olahraga sampai menjadi atlet Nasional. Pada saat itu, seluruh tamu perwakilan dari Kabupaten Musi Rawas Utara berteriak histeris karena tidak menyangka SMPN Bumi Makmur mendapatkan Juara I, mengalahkan pesaing berat dari sekolah-sekolah model di wilayah se-Sumsel.

Tidak selang berapa lama, panggilan kedua dari pembawa acara pun berlanjut untuk Kepala SMPN Bumi Makmur naik ke podium kembali, untuk menerima Hadiah Juara 2 Lomba “Lomba Lingkungan Sehat, Asri, Bernuansa Akademik dan Berkarakter” tingkat SMP Model se- Sumatera Selatan.

“Dan malam itu, kami bisa membawa pulang dua tropi juara, yakni Juara 1 untuk kategori Film Pendek Berkarakter dan Juara 2 Untuk kategori Lomba Lingkungan Sehat dan Asri. Tidak ada kata yang pantas terucap selain Alhamdulillahirobbil alamin, karena tanpa karunia dari Allah, kami tidak akan dapat kesempatan memenangkan lomba ini dan menjadi satu diantara sekolah model yang penyerahan tropinya diserahkan dan dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah Republik Indonesia, Bapak Hamid Muhammad, MSc, PhD,” katanya.

Pada kesempatan ini, Hendro Ratmoko berharap dengan keberhasilan dalam lomba ini, bisa menjadi pemacu semangat keluarga besar SMPN Bumi Makmur, dan juga kepada seluruh SMP di Muratara pada umumnya, untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam membangun pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa.

Karena banyak yang perlu diperjuangkan dan dibenahi di Kabupaten Muratara, untuk itu slogan Kabupaten Muratara adalah ‘Bangkit’, dengan lebih menonjolkan rasa semangat untuk bangkit dari yang semula tidak dipandang orang, semula merayap di tanah, bangkit untuk sejajar berdiri tegap bersama kabupaten-kabupaten yang telah dahulu lahir dan berdiri di Sumsel ini.

“Dunia Pendidikan sangat menjadi concern pembangunan Muratara, baik dalam segi fisik maupun pengembangan sumber daya manusianya. Karena memiliki niat dan semangat bangkit dan sejajar dengan yang lain, berdiri tegak dikaki sendiri, kami selaku penyelenggara dunia pendidikan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berprestasi,” tutupnya.

Pada kesempatan ini, Hendro juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakan keberhasilan SMPN Bumi Makmur ini, khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Muratara, dewan guru, orang tua wali dan seluruh siswa-siswi SMPN Bumi Makmur yang telah bekerja keras selama ini dalam mendukung kemajuan sekolah ini.(*)

Rekomendasi Berita