Jika Melihat Gajah, Warga Diminta Jangan Mendekat

LINGGAUPOS.CO.ID – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumsel, rayon Lahat yang membawahi wilayah Kabupaten Muratara, imbau warga jangan memburu gajah.

Gajah liar yang muncul di beberapa wilayah Kabupaten Muratara, saat ini terpantau menuju wilayah Desa Beringin Jaya dan Beringin Rupit. Hewan liar ini diduga lari dari habitat asli, akibat hutan mereka sudah dirusak.

Tim BKSDA dan Polhut dari wilayah Lahat, Selasa (1/6/2021) pukul 10.00 WIB, kembali melakukan penggalangan terhadap warga di Kabupaten Muratara, terkait keberadaan gajah liar yang satu minggu terakhir meneror perkebunan warga di Muratara.

Ketua tim dari BKSDA Lahat, Rusmin mengatakan, awalnya gajah ini terpantau di wilayah Nibung, Rawas Ulu, dan Rupit. Setelah melakukan penelusuran jejak, di sekitar kompleks perkantoran Pemkab Muratara, gajah liar ini sudah mendekati permukiman warga khususnya di RT 15, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit Muratara.

“Hasilnya hanya ada satu ekor jejak gajah yang terpantau dengan diameter 45 CM. Diprediksi gajah dewasa ini lari dari kawanan di wilayah hutan Tebo atau hutan Reki, Jambi, dan masuk ke wilayah Muratara, Sumsel,” kata Rusmin.

Jejak kaki gajah terlacak sekitar 30 meter dari permukiman dan sempat merusak kebun-kebun sawit milik masyarakat.

“Arah gajah itu sekarang menuju ke Desa Bingin Jaya dan Bingin Rupit, Dalam satu hari gajah ini mampu menjelajah 50 km lebih. Kita minta warga yang melihat gajah ini agar tidak memburunya, apa lagi mengusiknya, karena insting gajah ini sangat tajam. Takutnya dia ngamuk dan menyasar permukiman warga,” katanya.

Rusmin mengaku akan terus melakukan monitoring hingga beberapa hari, sehingga bisa dipastikan posisi gajah, lalu dilakukan penggiringan dengan gajah lainnya untuk di bawa ke habitat aslinya.

“Untuk masyarakat yang wilayahnya dilalui gajah liar ini kami minta agar rumah rumah mereka di pasang lampu luar. Supaya gajah tidak mendekati permukiman, jika melihat gajah diupayakan jaga jarak hingga 50 meter,” imbaunya.

Sementara itu, ketua RT 14 dan 15 Kelurahan Muara Rupit, Jaka dan yasmin Zukri membenarkan jika dalam tiga hari terakhir banyak mendapatkan laporan kemunculan gajah di wilayah mereka yg tidak jauh dari Jalan Lintas Sumatera.(sumeks.co)

Rekomendasi Berita