oleh

Jerman Ogah Malu Lagi

SOCHI – Jerman akan menghadapi laga penebus dosa saat lawan Swedia pada laga kedua Piala Dunia Grup F, Minggu 24 Juni pukul 01.00 WIB, di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi.

Berstatus sebagai juara bertahan, Jerman malah terpeleset di laga pembuka Piala Dunia 2018. Mereka secara mengejutkan ditumbangkan wakil Amerika Utara, Meksiko dengan skor tipis 1-0.

Kekalahan itu membuat Jerman berada di posisi yang sulit. Mereka harus mendulang poin penuh di sisa dua pertandingan melawan Swedia dan Korea Selatan.

Pada laga melawan Swedia nanti, Timnas Jerman dipastikan akan tampil full team. Jonas Hector yang absen karena sakti flu dikabarkan sudah siap untuk beraksi di Sochi nanti.

Kapten Timnas Jerman, Manuel Neuer mengatakan bahwa timnya benar-benar sudah tidak sabar bermain melawan Swedia. Neuer menyebut timnya sudah gatal untuk bermain untuk menebus kekalahan mereka baru-baru ini.

Kekalahan melawan wakil Amerika Utara, Meksiko dengan skor tipis 1-0 membuat Jerman berada di posisi yang sulit.

Neuer sendiri optimis timnya bisa bangkit di dua laga tersebut, dan kebangkitan mereka akan dimulai pada laga kontra Swedia nanti.

“Semua pemain kami sudah tidak sabar bermain lagi,” ujar Neuer.

Neuer menilai kekalahan dari Meksiko menjadi tamparan yang keras bagi timnya, sehingga rekan-rekannya benar-benar serius mempersiapkan diri jelang laga melawan Swedia.

“Di sesi latihan anda bisa melihat para pemain kami begitu bersemangat. Semua pemain kami berjuang mati-matian untuk memperebutkan satu tempat di posisi starter kami. Semua orang ingin terlibat di pertandingan berikutnya.”

Menurutnya, semua orang sangat ingin bermain. Kami tidak takut mengutarakan opini kami kepada rekan-rekan kami di dalam tim mengenai siapa yang layak bermain.

Neuer sendiri juga menyebut bahwa timnya masih berusaha untuk beradaptasi dengan sistem VAR, yang sudah banyak menjadi pembeda selama Piala Dunia berlangsung.

“Kami masih baru dengan sistem VAR ini dan ada banyak hal yang harus kami diskusikan terlebih dahulu. Kami harus menunggu dan mengamati bagaimana cara wasit membuat keputusan dan akan ada jeda sebentar untuk mengambil keputusan tersebut.”

“Keputusan yang diambil merupakan keputusan yang sulit dan anda tidak bisa memprotes keputusan itu. Hanya wasit yang bisa menentukan apakah itu offside atau tidak. Kami pemain tidak punya hak untuk menilai.”

Sementara di sisi lawan, Swedia juga harus ekstra waspada dengan ambisi Jerman. Meskipun menang atas Korea Selatan penampilan Marcus Berg dkk belum istimewa. Apalagi saat menumbangkan Korsel mereka dibantu dengan VAR.

Kedua negara ini telah bertanding sebanyak 22 kali dengan 10 kemenangan dikantongi oleh Jerman, sementara Swedia hanya mampu mengoleksi delapan kemenangan.

Bicara tentang pemain unggulan, Thomas Muller menjadi andalan Jerman.
Thomar menjadi top skor Jerman di ajang kualifikasi Piala Dunia zona Eropa lalu dengan 5 golnya. Namun saat jumpa Meksiko, penyerang Bayern Muenchen kesulitan untuk menembus gawang Meksiko. Ketajamannya diharapkan hadir saat jumpa Meksiko.

Sementara Swedia mengandalkan Andreas Granqvist. Palang pintu Swedia ini sukses mencetak gol lewat penalti, membuat timnya menang 1-0 atas Korea Selatan. Kali ini fokus berbeda dijalani bek 36 tahun ini, yakni menahan gempuran serangan Jerman agar bisa menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

*** Prediksi Susunan Pemain
Jerman: Neuer, Kimmich, Boateng, Hummels, Hector, Khedira, Kroos, Mueller, Oezil, Draxler, Werner.
Swedia: Robin Olsen; Andreas Granqvist, Mikael Lustig, Pontus Jansson, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Viktor Claesson; Marcus Berg, Ola Toivonen.

*** Prediksi Skor
Jerman dipastikan akan frontal di laga ini untuk mencari kemenangan. Namun Swedia bisa memanfaatkan cara seperti Meksiko, yaitu memanfaatkan serangan balik. Namun ambisi besar sang juara bertahan dan kualitas materi pemain, membuat Tim Panser berpotensi tetap digdaya dengan kemenangan 2-0.(Net)

Rekomendasi Berita