oleh

Jembatan Ponton Terancam Ambruk

…Adanya laporan ini, segera saya sampaikan ke Kadis PUPR untuk diteruskan ke Bupati Empat Lawang. Selanjutnya, kita menunggu instruksi beliau..

Sekretaris DPUPR Kabupaten Empat Lawang, M Mauluddin

Pipa Besi Jembatan Diduga Hilang Dicuri

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Besi pipa panjang, yang melintang di Jembatan Ponton, yakni jembatan penghubung Kecamatan Ulu Musi – Kecamatan Pasmah Air Keruh (Paiker), terlihat sudah banyak hilang.

Hilangnya besi yang menjadi pengikat konstruksi jembatan tersebut, diduga dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kondisi tersebut membuat jembatan berkonstruksi baja tersebut, terancam ambruk. Karena kekuatan jembatan menjadi berkurang, dan bergoyang saat dilalui oleh kendaraan terutama kendaraan roda empat.

Informasi yang berhasil dihimpun, hilangnya besi pipa pada jembatan tersebut beberapa hari lalu. Warga menduga, besi jembatan dipereteli pada malam hari saat kondisi jembatan sepi.

Belum diketahui motif pencurian ini, namun masyarakat berharap pihak kepolisian segera melakukan penyelidikan dan menangkap para pelaku yang diduga tidak seorang diri.

“Saat besi pipa masih ada saja, kalau truk lewat jembatan ini terasa sangat bergoyang. Apalagi dalam kondisi saat ini banyak besinya yang hilang, bisa-bisa ambruk jembatan ini,” ungkap Darul, salah seorang warga Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi kepada wartawan, Sabtu (28/4).

Diapun berharap, pihak kepolisian segera bertindak menyelidiki dugaan pencurian besi pipa jembatan yang menajadi akses satu-satunya menuju Kecamatan Paiker, Kabupaten Empat Lawang, tersebut. “Kita berharap ini segera ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian. Selanjutnya, pihak pemerintah juga segera bertindak mengantisipasi, agar jembatan ini segera diperhatikan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Empat Lawang, Syarkowi Rasyid melalui Sekretaris DPUPR Kabupaten Empat Lawang, M Mauluddin mengaku belum mendapat laporan hilangnya besi pipa melintang panjang di tengah Jembatan Ponton, Kecamatan Ulu Musi, yang diduga dicuri oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Adanya laporan ini, segera saya sampaikan ke Kadis PUPR untuk diteruskan ke Bupati Empat Lawang. Selanjutnya, kita menunggu instruksi beliau,” jelas Mauluddin.

Pihaknya tentu saja sangat menyayangkan adanya kejadian ini. Sebab, jembatan merupakan fasilitas umum yang harus dijaga seluruh masyarakat.

“Kalau jembatan ambruk, tentu masyarakat sendiri yang rugi,” cetusnya. (10)

Rekomendasi Berita