oleh

Jembatan Gantung Pulau Kidak Memprihatinkan

LINGGAU POS ONLINE – Jembatan Gantung yang membentang di atas Sungai Rawas, Desa Pulau Kidak, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) kian memperhatikan.

Pasalnya jembatan ini sudah mengalami kerusakan terutama di bagian lantainya yang terbuat dari kayu sehingga mengancam keselamatan warga yang melintasinya.

“Lantainya sudah lapuk, banyak yang patah, sudah sering diperbaiki masyarakat,” kata warga setempat, Fran, Senin (21/10/2019).

Fran menuturkan bahwa jembatan yang membentang di atas Sungai Rawas itu sudah beberapa kali nyaris menghilangkan nyawa orang, karena saat melintas pengendara sepeda motor sering terbalik dan terperosok di jembatan karena lantainya patah.

Bahkan kata Fran pernah ada warga yang terjatuh ke sungai dari atas jembatan tersebut, namun tidak sampai meninggal dunia.

“Sudah banyak motor terbalik di sini, ada juga yang sudah jatuh ke bawah, baru sekali, untung tidak apa-apa, bahaya sekali memang,” ujarnya.

Ia berharap jembatan itu diperbaiki, karena jika tak kunjung ada perbaikan dikhawatirkan akan mengancam keselamatan warga yang melintas.

“Apalagi jembatan ini setiap harinya dilewati anak-anak untuk berangkat dan pulang sekolah. Kita sebagai orangtua tentu khawatir,” katanya.

Sementara Kepala Desa Pulau Kidak, Ahmad Bahori mengatakan, pihaknya telah mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Muratara untuk perbaikan jembatan tersebut.

“Sudah kita usulkan kepada Pemkab untuk perbaikan, namun untuk sementara waktu ini kalau ada lantai yang patah kami perbaiki secara gotong royong,” terangnya.(*)
Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita