oleh

Jemaah Suluk Sudah 550 Orang

Tim Pantau Lokasi Kegiatan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP- Tim Kabupaten Rejang Lebong mengecek lokasi bakal dilakukannya kegiatan Tarekat Naqsyabandiyah (Suluk), untuk gelombang pertama sudah 550 orang jemaah yang bakal mengikuti kegiatan ini.

Tim yang mengecek terdiri dari, Polres Rejang Lebong, Kejaksaan Negeri Curup, Kodim 0409 Rejang Lebong, Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Kesbangpol Kabupaten Rejang Lebong, Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, perangkat kecamatan Curup Utara dan Desa Sukadatang. Kegiatan Suluk akan diadakan di Desa Sukadatang, Kecamatan Curup Utara.

Sebelum melakukan pengecekan lokasi, pihak Suluk memaparkan rencana kegiatan digelar selama Ramadhan 1439 Hijriah. Pemaparan program ini dilakukan di Aula Mapolres Rejang Lebong, disampaikan langsung Ketua Umum Tareqat Nashabandiyah (Suluk) Kemas Rezi, Rabu (9/5).

Pantauan Linggau Pos, di gedung Suluk terlihat adanya penambahan ruang untuk kegiatan suluk yang direncanakan dilakukan dua tahap. Untuk tahap pertama dimulai Ramadhan ketiga hingga sepuluh hari kedepan, diutamakan peserta yang berdomisili dari luar kota. Tahap pertama peserta yang sudah mendaftar sekitar 674 orang. Sementara untuk kuota pengajian Tareqat Nashabandiyah pergelombangnya dibatasi hanya 550 orang.

“Peserta gelombang pertama banyak dari luar, ada yang dari Jawa, NTT dan paling dekat di kawasan Palembang. Nanti untuk gelombang kedua 14 Ramadan sampai 28 Ramadan menyesuaikan,” jelas Kemas.

Menurut Kemas, sesuai daya tampung kapasitas peserta sebanyak 550 dan tidak dipaksakan untuk melebihi kuota. Sehingga dengan sesuai kapasitas peserta di dalam kelambu layak, nyaman. Tes kesehatan nanti dilaksanakan di sini, kalau memang memiliki penyakit kronis dan tidak memungkinkan mengikuti, tidak akan mengikuti kegiatan ini. Termasuk yang sedang hamil dan dilarang membawa anak kecil.

Untuk ukuran kelambu, sambung Kemas berukuran 1 kali 1 meter

“Dengan banyaknya peserta kita tidak mengurangi ukuran kelambu, tetap ukuran satu kali satu. Kita juga meminta kerjasama pihak terkait, pengamanan termasuk pihak polres, Kodim, mereka (Peserta) banyak yang dari jauh,” katanya.

Pihaknya juga, akan memperhatikan sistem pengairan, makanan dan kelengkapan lainnya untuk peserta. Ia juga menambahkan, terhitung saat ini untuk peserta yang sudah tergabung dalam Tareqat Nashabandiyah untuk di wilayah Rejang Lebong sebanyak 1.006. Sementara untuk se-Indonesia sebanyak 195.830 orang.

“Penyelenggaraan Suluk kali merupakan penyelenggaraan suluk yang ke-15. Dan Rejang Lebong merupakan pusat kegiatan Tareqat Nasyabandiyah di Indonesia. Kalau untuk cabang-cabangnya banyak, ada di Sumatera Barat, Bengkulu selatan dan lainnya,” tambahnya.(09)

Rekomendasi Berita