oleh

Jemaah Masjid Al-Hidayah Kurban 9 Sapi dan 3 Kambing

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KIRI – Hari raya Idul Adha 1439 H di Masjid Al-Hidayah Kelurahan Jawa Kiri, Kecamatan Lubuklinggau Timur II kembali dipercaya jamaah untuk mengelola hewan kurban. Sembilan sapi dan tiga kambing disembelih sebagai hewan kurban, Rabu (22/8).

Hal ini disampaikan Ketua Masjid Al-Hidayah, H Hermanjaya, S.Ag.MM melalui Ketua Panitia Kurban H. Shopian Hanan, Jumat (24/8).

Lebih lanjut H Shopian Hanan menjelaskan, kurban sembilan sapi ini terhimpun dari arisan kurban diikuti 63 jamaah.

“Kami tak mengira begitu besar animo jamaah untuk ikut tabungan kurban. Karena pada tahun sebelumnya kami hanya mampu menghimpun tujuh sapi kurban saja,” terang dia.

Ia meyakini, berkat motivasi yang selalu disampaikan pengurus Masjid Al-Hidayah kepada jamaah, tentang pentingnya berkurban, maka semakin banyak jemaah yang tergerak untuk berkurban pada 1439 H ini.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW; “Barang siapa mendapat kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami (HR. Abu Huroiroh RA).

H. Shopian Hanan juga menukil intisari Kajian Islam yang disampaikan Ustadz H Febri Eraz Chaniago, Lc. sebagai pembina kajian Fiqh di Masjid Al-Hidayah.

Pengurus sangat memperhatikan mulai dari pemilihan hewan kurban agar memenuhi syarat sampai dengan pelaksanaan penyembelihan agar dapat dipastikan terselenggara dengan syari dan higienis.

Tentang penyalurannya H Shopian Hanan menjelaskan kurban di Masjid Al-Hidayah dibagikan untuk tiga golongan, yaitu sepertiga untuk yang berkurban, sepertiga untuk dihadiahkan kepada kerabat ahli kurban dan sepertiga lagi diberikan kepada orang-orang yang meminta/membutuhkan. Pembagian daging hewan kurban itu sebagaimana tuntunan dari Ustadz H. Febri Eraz Caniago, Lc.

Kedepannya H Shopian Hanan atas nama pengelola/pengurus Masjid Al-Hidayah tetap mengharapkan kesediaan jamaah yang berkurban untuk kembali berkurban di Masjid Al-Hidayah.

“Kami selalu membuka diri terhadap semua saran dan usulan agar kedepannya terselenggara lebih baik lagi,” imbuhnya.(02)

Rekomendasi Berita