oleh

Jelang Ramadan Anjal Semakin Banyak

Sat Pol PP Tingkatkan Intensitas Razia

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN SS – Razia yang dilakukan Sat Pol PP dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau ternyata tidak memberikan efek jera bagi Anak Jalanan (Anjal). Ini dibuktikan dengan jumlah Anjal yang beraktivitas di Simpang RCA Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II mengalami peningkatan.

Hingga H-9 menjelang Ramadan 1439 Hijriah, sudah lebih dari lima orang anak baik laki-laki maupun perempuan usia 9–12 tahun. Mereka mulai aktivitas pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Kasat Pol PP Kota Lubuklinggau, Elbaroma membenarkan jumlah Anjal menjelang Ramadan mengalami peningkatan.

“Berdasarkan hasil pantauan di lapangan jumlah Anjal ini sudah lebih dari lima orang anak, yang meminta kepada pengendara kendaraan roda empat maupun roda dua,” kata Elbaroma, saat dihubungi koran ini, Jumat(11/5).

Diakui Elbaroma, meskipun sudah dirazia dan dilakukan pendataan oleh Dinas Sosial(Dinso)s Kota Lubuklinggau, anjal akan kembali beraktivitas lagi keesokan harinya.

Berdasarkan pantauan Elbaroma, saat ini sudah ada Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) sudah ada di area Pasar Inpres. Seperti adanya seorang menggandeng suaminya tuna netra, keduanya diyakini datang dari daerah kabupaten/kota lain.

Sat Pol PP Kota Lubuklinggau bersama Dinsos Kota Lubuklinggau sudah mengatur jadwal razia. Tujuan dilakukannya razia, meminimalisir agar jumlah Anjal dan Gepeng di Kota Lubuklinggau. Elbaroma mengingatkan masyarakat Kota Lubuklinggau untuk cerdas dalam memberi bersedekah, pilih lembaga resmi sehingga para Anjal dan Gepeng tidak manja.

“Jika perlu ke masjid,” cetusnya.

Ketua MUI Kota Lubuklinggau, H Abdullah Makcik saat ini sudah ada lembaga resmi sebagai tempat menyalurkan zakat dan sedekah, yaitu Badan Amil dan Zakat (Baznas), dan beberapa yayasan resmi yang menerima dan menampung sumbangan untuk disalurkan ke orang-orang yang tepat dan berhak menerimanya.

“Untuk berbagi kita juga harus pilih yang tepat sasaran, sampaikan santunan atau bantuan ke yayasan resmi, maupun masjid,” pesan Abdullah Makcik.(07)

Rekomendasi Berita