oleh

Jelang Pemilu, Bawaslu Lubuklinggau PAW Panwascam

LUBUKLINGGAU – Akibat tidak aktif lagi menjalankan tugas, sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Bawaslu Kota Lubuklinggau melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap, Muzni Sauri yang menjabat sebagai Anggota Panitia Pengawas Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Muzni Sauri digantikan Solihin, dan pelantikan telah dilakukan pada Jumat (21/12).

Komisioner Bawaslu Kota Lubuklinggau Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran (HPP) dan Sengketa Pemilu, Bahusin membenarkan kasus indisipliner yang membuat Muzni Sauri di PAW, sebelum masa tugasnya berakhir.

dalam menjalankan tugasnya, Bawaslu Lubuklinggau melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap anggota Panwascam Lubuklinggau Utara I.

Menurut Bahusi, berdasarkan Undang-Undang (UU) No.7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan Perbawaslu No.10 Tahun 2018, penyelenggara pemilu yang lalai dalam bertugas, harus mengundurkan diri, karena akan dilakukan PAW.

“Kita juga sudah tiga kali melayangkan surat peringatan kepada saudara Muzni Sauri, mengenai aturan penyelenggara pemilu. Karena, hal itu dapat mengganggu pelaksanaan Pemilu,” kata Bahusi, Sabtu (22/12).

Jadi, Bawaslu Kota Lubuklinggau langsung melakukan tindakan tegas terhadap jajarannya yang lalai dalam melaksanakan tugas, sebab dikhawatirkan hal yang sama akan terulang lagi.

“Kalau dibiarkan, dikhawatirkan ada lagi petugas yang lalai, oleh karena itu langsung kita PAW,” tegasnya.

Maka dari itu, Bahusi berharap, PAW yang sudah dilakukan Bawaslu Kota Lubuklinggau merupakan yang terakhir, karena saat ini pelaksanaan pemilu semakin dekat. Tentu, dibutuhkan orang-orang, yang mendedikasikan dirinya untuk menyukseskan pemilu.

“Semoga ini yang terakhir, walaupun sebelumnya kita telah melakukan PAW terhadap Panwascam yang rangkap jabatan,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Kamis (5/4) Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Lubuklinggau, telah mengganti Panitia Pengawas Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Katamsi yang melanggar fakta integritas.

Kamis (5/4), bertempat di Sekretariat Panwaslu Lubuklinggau, yang berada di Kelurahan Megang, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, dilakukan pelantikan terhadap Rais Ferlando yang terpilih sebagai pengganti Katamsi.

Pergantian terhadap Katamsi dikarenakan yang bersangkutan menjabat Kepala Seksi (Kasi) di salah satu di kelurahan.

“Aturan kita sangat jelas, dilarang rangkap jabatan, dan yang bersangkutan diangkat sebagai Kasi di Kelurahan. Jadi, dengan sangat terpaksa dilakukan pergantian, demi marwah lembaga dan suksesnya Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 Juni mendatang,” jelas Mursidi. (aku)

Rekomendasi Berita