oleh

Jelang Jumat Agung, Pengamanan Gereja Diperketat

LINGGAUPOS.CO.ID – Pengamanan gereja di Lubuklinggau diperketat menjelang Jumat Agung (2/4/2021) dan Paskah Minggu (4/4/2021), kendati kondisi di Lubuklinggau kondusif dan selama ini aman-aman saja.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono menegaskan pihak Polres akan melakukan pengamanan perayaan Jumat Agung dan Paskah, bagi umat Kritiani. “Namun karena masih masa pandemi Covid-19 kita tetap mengingatkan agar tetap dengan protokol kesehatan,” katanya.

Dikatanya, pihak tempatkan anggota di beberapa titik gereja, dan melibatkan polsek-polsek. Ini bertujuan agar masyarakat tetap aman dan nyaman melaksanakan ibadah, perayaan paskah.

“Kita melihat saat ini, situasi  kamtibmas di Lubuklinggau masih kondusip. Sehingga mengajak seluruh masyarakat sama-sama tetap menjaga keamanan, dan kerukunan di Kota Lubuklinggau,” jelasnya, Rabu (31/3/2021).

Terpisah, Pendeta Fajar Prono dari Gereja Methodist Indonesia (GMI) Lubuklinggau, Rabu (31/3/2021) menjelaskan bahwa peristiwa pengeboman Gereja Katerdral di Makasar, tentunya membuat takut, namun menurutnya rasa takut jangan sampai menghalangi kegiatan ibadah.

“Secara manusiawi rasa takut itu ada. Namun kami tidak ingin rasa takut itu menjadi mengalangi kegiatan ibadah,” ungkapnya sambil menjelaskan bahwa selama ini Lubuklinggau aman.

Selain itu, ia menambahkan soal keamanan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Polres Lubuklinggau. “Jadi nanti akan ada penjagaan dari Polres Lubuklinggau,” jelasnya.

Mengenai protokol kesehatan, dijelaskannya bahwa pihaknya menerapkan protokol dengan mengurangi jemaat yang boleh datang ke gereja. “Kapasitas 300 jemaat, namun nanti hanya 100 orang saja, sisanya bisa live streaming melalui Youtube dan Facebook,” jelasnya.

Sementara itu pantauan linggaupos.co.id di GMI Lubuklinggau, terlihat pertugas membersihkan mempersiapkan area geraja. Ini untuk persiapkan perayaan Jumat Agung dan Paskah. (*)

Rekomendasi Berita