oleh

Jelang Idul Adha, Pedagang Kurban Bermunculan

MURATARA– Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah lapak pedagang hewan kurban mulai bermunculan di Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara.

Kemunculan mereka ini, untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim yang ingin berkurban.

Salah satunya Evi (42) pedagang hewan yang berasal dari Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. Ia mengaku membuka lapak dagangan hewan kurban, di tepi Jalan Lintas Sumatera sejak beberapa hari lalu.

Kepada Linggau Pos, Minggu (28/7), Evi mengatakan mempersiapkan lima ekor kambing jenis Etawa yang didatangkan dari Curup untuk jual kepada para pembeli.

Untuk harga, Evi menyebutkan mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta tergantung bobot dan umur Kambing.

“Untuk yang harga Rp 2 juta itu bobotnya sekitar 18 kilogram, yang kisaran umur 2 sampai 4 tahun kalau yang paling mahal bisa mencapai 30 kg,” kata Evi, kepada Linggau Pos.

Dia akan menambahkan, stok kambing tergantung dengan permintaan pasar, bila stok di lapak sudah tinggal sedikit maka akan ditambah kembali.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Dispertankan) Muratara, Suhardiman melalui Kabid Peternakan, Maria Yustiana pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ternak yang akan dijadikan kurban.

“Bila dilihat dengan kasat mata semua kambing yang dijual kondisinya bagus dan sehat. Namun dalam waktu dekat akan dilakukan pengecekan bagi kesehatan kambing yang dijual pedagang,” sampainya. (fji)

Rekomendasi Berita