oleh

Jelang Idul Adha Hewan Kurban Belum Laku

LINGGAU POS ONLINE – MUSI RAWAS – Menjelang Idul Adha yang tinggal menyisakan 21 hari lagi, namun terlihat masyarakat untuk membeli hewan kurban ke penjual ternak masih sepi.

Seperti yang dialami penjual kambing di Desa D Tegal Rejo, Kecamatan Tugumulyo, Weki (40) ini, ia mempersiapkan untuk menyambut Idul Adha kambing-kambing yang bagus. Dan kalau permintaan tinggi pihaknya siap menambah kambing yang sudah ada.

Sementara itu untuk harga pasaran kambing yang siap untuk kurban mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor, dan juga kambing yang dijual tersebut merupakan kambing lokal.

“Biasanya di sini sudah banyak yang membeli menjelang 21 hari lagi sebelum hari lebaran Idul Adha,” kata Weki kepada koran ini, Minggu (21/7).

Terpisah Peternak Kambing di Kecamatan Megang Sakti, Dodi (46) juga mengalami hal yang sama. Menurutnya, sepi pembeli kemungkinan karena calon pembeli yang masih membandingkan harga hewan kurban dengan pedagang lain.

Sementara kambing yang dijual sudah memenuhi syarat hewan kurban, baik kondisi kesehatan dan syarat kurban lainnya. Sedangkan penjualan hewan kurban tidak seramai tahun lalu, bahkan pembeli banyak yang membeli 2-3 ekor. Sementara pembeli rumah tangga rata-rata satu ekor.

“Saya mengakui bahwa pekan ini belum menjadi puncaknya penjualan hewan kurban. Puncak pembelian hewan kurban adalah pada H-3 menjelang lebaran,” kata Dodi.

Menurut Dodi, saat ini orang masih sibuk. Nanti jika dekat hari H orang baru pada repot ngurusin kurban. Selain itu, dalam penjualannya, ia tidak mengambil keuntungan yang besar. Sebab tidak semua kambing yang dia jajakan adalah miliknya, melainkan milik rekan dan kerabatnya.

“Modal tenaga saja. Yang lain dimodalin sama teman atau saudara,” jelasnya. (dlt)

Rekomendasi Berita