oleh

JCH Diminta Jaga Perilaku Berhaji

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) diingatkan untuk menjaga kesehatan, jaga tingkah laku, dan jangan asal cakap selama beribadah di Baitullah. Pesan ini disampaikan Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM Syarif Hidayat saat memberikan pengarahan dalam manasik haji di Masjid Syuhada, Desa Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Senin (2/7).

Bupati juga mendoakan agar JCH yang pulang menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Bupati Muratara juga menjelaskan, bahwa manasik haji sangat penting untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ibadah haji.

“Sesuai pengalaman, kadang jemaah ada yang tidak tahu rangkaian atau kegiatan selama melaksanakan haji, mulai dari keberangkatan, selama perjalanan, dan pelaksanaan ibadah haji,” kata Syarif Hidayat

Untuk JCH Kabupaten Muratara, keberangkatannya yang dijadwalkan 30 Juli 2028 atau malam 1 Agustus 2018 ke Jeddah Arab Saudi. Pemkab Muratara menyiapkan tujuh armada bus untuk keberangkatan ke asrama haji Palembang dan juga ada seragam bagi seluruh JCH.

Sebelumnya, Kakankemenag Muratara, H Ikhsan Baijuri dalam sambutannya mengatakan, yang mengikuti manasik haji ada 139 JCH , terdiri dari 59 laki-laki dan 80 perempuan.

JCH tertua, bernama Makmur Dahasan asal Kecamatan Rupit, berusia 84 tahun. Sementara JCH termuda bernama Mentari Pebriani asal Kecamatan Nibung, berusia 23 tahun.

“Manasik haji akan dilakukan 10 kali, dua kali ditingkat kabupaten dan delapan kali tingkat kecamatan,” paparnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Muratara, H Abdullah Makcik, dan beberapa kepala OPD, diantaranya, Kepala Disperindagkop, H Syamsu Anwar, dan Kabag Kesra, Hoiruddin. (12)

Rekomendasi Berita