oleh

Januari, 4 Orang Tewas Lakalantas

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Awal tahun 2018, angka Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) di wilayah Kabupaten Musi Rawas masih tinggi.

Terbukti, dari rekap data Lakalantas Polres Musi Rawas terhitung dari 1 Januari hingga 27 Januari mencapai 4 kasus kecelakaan. Bahkan 4 orang dinyatakan meninggal dunia, 4 orang luka berat dan 3 orang luka ringan.

Empat orang tewas dalam Lakalantas terjadi Rabu (24/1) pukul 16.00 WIB, di Jalan Umum Kabupaten, Desa Leban Jaya, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas.

Korban yang tewas yaitu Sarbana seorang pedagang yang merupakan warga Kelurahan Bandung Kiri, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Hadurip warga Kelurahan Kenanga II, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Vivi dan Atika warga Desa Q1 Tambah Asri, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas meninggal di tempat.

Kasat Lantas Polres Musi Rawas AKP Budi Hartono Sutrisno melalui Kanit Laka, Sugito mengatakan, angka Lakalantas yang terjadi di Musi Rawas terbilang cukup tinggi, tapi berbagai upaya sudah dilakukan meminimalisir terjadinya kasus Lakalantas. Selain melakukan sosialisasi ke masyarakat, pihaknya sudah sering kali melakukan razia rutin di sejumlah titik lokasi di Musi Rawas.

”Saat melakukan razia kami juga mengingatkan kepada para pengendara untuk berhati-hati dalam mengendarai kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua,” kata Sugito, Jumat (26/1).

Sugito menyampaikan kecelakaan kerap kali terjadi di kawasan tikungan tajam dan jalan lurus. Hingga mengakibatkan rawan kecelakaan.

Ia mengatakan beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kecelakaan, yakni dalam berkendara pengendara sering dalam kondisi yang kurang fit atau mengantuk.

Untuk itu, jika dalam perjalanan kondisi tubuh mulai mengantuk sebaiknya pengendara diminta untuk beristirahat sejenak.

“Kalau merasa sudah mengantuk, lebih baik istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan, Demi keselamatan kita semua,” ungkapnya.

Ia meneruskan kepada pengendara roda juga hendaknya menggunakan helm dan tidak melakukan kebut-kebutan dijalan raya.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita