oleh

“Janji Kembalikan Suban IV ke Muratara”

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Apabila terpilih menjadi Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru janji akan mengembalikan Suban IV kembali ke Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Hal ini diungkapkan calon Gubernur Provinsi Sumsel nomor urut 1 ini, saat diwawancara Linggau Pos, ketika melakukan kampanye di Desa Ketapat Bening, Kecamatan Rawas Ilir, Rabu (18/4).

“Jika terpilih akan kita selesaikan ini, tidak boleh jadi sengketa lagi,” tegas Herman Deru.

Herman Deru mengaku miris melihat kondisi Kecamatan Rawas Ilir khususnya di wilayah Desa Ketapat Bening, dan Desa Air Bening.

“Mulai dari Rupit, saya bertanya terus kepada sopir kapan sampainya ke Desa Ketapat Bening karena selama perjalanan saya bersama istri merasa tersiksa, disebabkan kondisi jalan yang rusak,” ungkapnya.

Herman Deru mengatakan nampak tidak ada pemerataan dalam hal pembangunan, sehingga dirasa ada perlakuan diskriminasi.

“Saya mendengar keluhan masyarakat, bahkan sudah melihat sendiri, di sini butuh pemerataan pembangunan dan sentuhan dari pemerintah provinsi,” sebutnya.

Terkait keinginan masyarakat agar Suban IV kembali ke Kabupaten Muratara, Herman Deru menegaskan sebagaimana informasi dan penjelasan Bapak Syahrial Oesman memang milik wilayah sini. Yakni Kabupaten Musi Rawas sebelum dimekarkan menjadi Muratara.

Sebelumnya, salah satu perwakilan masyarakat Desa Ketapat Bening Kecamatan Rawas Ilir, Nawar mengungkapkan keyakinannya apabila Herman Deru Mawardi Yahya menjadi Gubernur dan Wagub Provinsi Sumsel maka Suban IV kembali ke Kabupaten Muratara.

Nawar menjelaskan, sebagaimana dokumen berupa peta top down jelas sekali wilayah Suban IV masuk Kabupaten Musi Rawas, begitu juga masa Gubernur Provinsi Sumsel Syahrial Oesman.

Tapi setelah Bapak Syahrial Oesman diganti, entah mengapa Suban IV masuk Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

“Maka dari itu, kami sangat yakin apabila Herman Deru menang maka Suban IV kembali ke Kabupaten Muratara,” jelasnya.

Begitu juga disampaikan oleh Randi (32), siapa saja yang ingin mendapatkan suara rakyat Kecamatan Rawas Ilir khususnya di Desa Ketapat Bening dan Desa Air Bening, Kecamatan Rawas Ilir harus berjanji mengembalikan Suban IV kepada rakyat Muratara. (12)

 

Rekomendasi Berita