oleh

Janji Bakal Konsisten Tegakkan Aturan

 Riko Saputra Siap Sukseskan Pemilu 2019

Pengacara senior asal Kota Lubuklinggau, Riko Saputra SH,MH, sejak 7 Januari 2019 jadi Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Hukum, periode 2019-2024.

Laporan Aan Sangkutiyar, Lubuklinggau

MEMILIKI pengalaman dan basis sebagai pengacara, sepertinya Riko Saputra akan membawa warna baru di KPU Kota Lubuklinggau.

Sebab, dirinya pasti sudah tahu perbuatan-perbuatan yang masuk dalam kategori pelanggaran Pemilu. Sehingga bisa meminimalisir setiap indikasi pelanggaran, terutama di jajaran internal mereka. Karena, pada 2015 saat dilakukan Pilkada Muratara, suami Harmiyana, Amd.Keb ini menjabat sebagai penasihat hukum Panwaslu Kabupaten Muratara.

Menurut Advokat di Law Office, Riko Saputra dan Fatners 2014 ini, KPU merupakan lembaga penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) yang harus memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel. Untuk, terciptanya demokrasi Indonesia yang berkualitas, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah NKRI. Khususnya dalam Pemilu 17 April 2019 nanti.

Selanjutnya, membangun lembaga penyelenggara Pemilu, agar memiliki kompetensi, kredibilitas dan kapabilitas dalam menyelenggarakan Pemilu.

“Siap melaksanakan setiap Pemilu dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, akuntabel, edukatif dan beradab,”kata Riko Saputra, Kamis (10/1).

Alumni Strata Dua (S2) Ilmu Hukum Universitas Prof. Dr Hazairin, Provinsi Bengkulu ini optimis meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu bersih, efisien dan efektif.

Lalu, melayani dan memperlakukan setiap peserta secara adil dan setara, serta menegakkan peraturan Pemilu secara konsisten sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami juga akan meningkatkan kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu, demi terwujudnya cita-cita masyarakat yang demokratis,”katanya.

Tapi, dikarenakan KPU merupakan lembaga kolektif kolegeal, maka harus dilakukan kerjasama yang baik antara komisioner KPU lainnya, termasuk jajaran sekretariat.

Maka, pria ramah ini berharap agar seluruh jajaran KPU Kota Lubuklinggau dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, dengan menjaga kekompakan yang bertujuan untuk menyukseskan Pemilu 2019. (*)

Rekomendasi Berita