oleh

Jangan Nyalon Kades Karena DD

Bila Melanggar Deklarasi Siap Diproses Hukum

DALAM mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak kedua tahun 2017 Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), seluruh calon Kades mengikuti deklarasi damai, Senin (27/11).

Acara diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMD-P3A) Kabupaten Muratara dilaksanakan di Ruang Op Room Setda Kabupaten Muratara.

Diantara kalimat deklarasi yang disepakati dan siap dijalankan adalah ‘Calon Kades Siap Menang dan Siap Kalah, Apabila Mengingkari Apa yang Diikrarkan Siap Dituntut dan Diproses Sesuai Hukum yang Berlaku’.

Deklarasi dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muratara, H Abdullah Matcik dihadiri oleh Perwakilan Dandim 0406 MLM, Polres Musi Rawas, Perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau.

Dalam sambutannya, H Abdullah Matcik mengapresiasi upaya DPMD-P3A dan 100 orang calon kades dalam menciptakan Pilkades yang aman, kondusif.

“Deklarasi ini diadakan agar Pilkades 4 Desember 2017 nanti berlangsung aman dan kondusif. Jangan ada gesekan politik yang berpotensi mengganggu keamanan,” pesannya.

“Pesan saya, para calon mampu merebut dukungan dan simpati masyarakat dengan cara yang baik, jangan ada money politic. Saya ulangi jangan ada yang money politic karena merusak tatanan yang ada. Inilah proses. Jadi apapun hasilnya nanti yang sudah sesuai dengan yuridis formal,” jelasnya.

Pilkades awal Desember nanti diselenggarakan 25 desa.

“Untuk itu diharapkan bersabar, jangan siap menang, tapi tidak siap kalah. Untuk itu diharapkan bagi yang tidak jadi untuk berlapang dada. Khususnya pada saat masa kampanye diharapkan untuk berkampanye damai,” imbuhnya.

Untuk diketahui Dana Desa (DD) setiap desa Rp 1 miliar, bagi Kades hendaknya benar-benar mengelola sesuai aturan, kalau tidak amanah maka pintu penjara terbuka.

“Hati-hati dalam penggunaan DD, Kalau kurang paham berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten. Jadi jangan target menjadi Kades untuk mendapatkan DD, Tapi pengabdian,” ingat Abdullah Matcik.

Sebelumnya, Kepala DPMD-P3A Kabupaten Muratara, Firdaus menyampaikan, pelaksanaan deklarasi ini sesuai dengan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Tata cara Pencalonan pemilihan pelantikan dan Pemberhentian Kades.

“Sesuai tujuan deklarasi damai ini, untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkades aman, lancar dan damai,” sebutnya. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita