oleh

Jangan Lihat Kekurangan Anak

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Orang tua seringkali menuntut anak rajin, dan pandai segala bidang. Namun, pandangan ini patut dievaluasi. Karena sebaiknya orang tua fokus pada potensi anak, dan bukan pada kekurangannya.

Hal ini disampaikan Kepala PAUD Unggulan Ar Risalah, Ust. Budi Satriadi, Lc dalam Pelepasan dan Tasyakuran XI PAUD Unggulan Ar Risalah, di halaman PAUD, Jalan Lapter, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa (1/5).

Ia menerangkan, kerapkali orang tua abai akan itu. Padahal, yang harus digaris bawahi setiap anak punya kelebihan dan potensi.

“Makanya, potensi itu yang kita lihat. Potensi itu yang kita gali dan fokus kita kembangkan,” jelas Budi Satriadi.

Pekerjaan menggali potensi dan mengasah potensi anak inilah, yang menurut Ust Budi paling sulit. Padahal tugas-tugas itu ditanggung oleh guru PAUD, termasuk PAUD Unggulan Ar Risalah.

“Untuk mengasah potensi itu, kami siapkan banyak kegiatan di sekolah. Ada ekstrakulikuler, penguatan aqidah, akhlak, dan ibadah. Ini penting, karena kami berkeyakinan, ketika potensi anak digali, dan anak tetap taat dalam agama, pada Rabb-nya, maka jiwa anak akan senantiasa merasa diawasi. Tidak mudah tergiur hal-hal yang negatif,” jelas alumni Universitas Al-Ahqaaf Yaman itu.

Kebiasaan yang baik, dan teladan yang baik menurut Ust Budi merupakan salah satu cara jitu untuk membentuk karakter anak didik yang akhlakul karimah.

“Memang benar, pemerintah kita ini menggembar-gemborkan revolusi mental. Tapi revolusi mental yang ada. Terbukti di televisi, tontonan yang merusak mental yang disiarkan. Oleh karena itu, agar apa yang diajarkan kepada peserta didik ini tidak menurun kualitasnya, butuh sinergi dalam mempertahankan. Salah satunya, bagi 63 anak didik yang diwisuda hari ini (kemarin, red) melanjutkan pendidikannya ke SD Islam Qurani Ar Risalah,” jelas Ust Budi Satriadi.

Tasyakuran dan Wisuda Angkatan XI ini, PAUD yang berdiri sejak 30 Juni 2007 itu menampilkan potensi-potensi 91 anak didik. Baik tingkat beginner (usia 2-3 tahun), intermediate (usia 4-5 tahun) dan excellent (5-6 tahun).

Untuk menyambut anak didik tahun ajaran 2018/2019 nanti, PAUD Unggulan Ar Risalah sedang merehab kolam air dan penggantian Sentra Permainan Terpadu. PAUD ini juga dilengkapi dengan ruang wisata imajinasi. Mereka juga berencana menambah lokal belajar dan satu unit kantor terpadu untuk guru.

Pada kesempatan itu, Ust Budi juga menjelaskan, dengan beberapa fasilitas tadi, mendukung pencapaian prestasi anak didik. Dengan diraih Juara Favorit Tari Kreasi Antar PAUD se-Kota Lubuklinggau, Juara 2 Lomba Pakaian Nusantara dan pendidiknya Juara 2 Lomba Guru Kreasi 2018.

Pada even yang dikemas penuh kekeluargaan itu, tamu undangan disuguhi penampilan dari anak didik. Baik menari, hafalan doa, hafalan hadits, menyanyi lagu daerah dan keterampilan lain. Menunjukkan pencapaian belajar anak didik selama di PAUD Unggulan Ar Risalah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau diwakili Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) Dahri mengapresiasi apa yang dilakukan PAUD Unggulan Ar Risalah.

“Saya sepakat dengan yang disampaikan Ust Budi. Bahwa orang tua sudah saatnya melihat potensi anak. Sehingga fokus mengembangkannya. Terutama usia 0-6 tahun itu golden age. Salah satu caranya mengikutsertakan anak belajar di PAUD,” jelas Dahri.

Ia tak memungkiri, saat ini Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kota Lubuklinggau baru 75 %. Artinya menurut Dahri, ada 25% anak-anak di Kota Lubuklinggau belum mengenyam pendidikan di bangku PAUD.

“Padahal di PAUD, efektif untuk mempersiapkan anak sebelum memasuki pendidikan non formal. Di PAUD inilah, potensi anak kelihatan, karena guru PAUD lebih telaten menggalinya. Di PAUD pula, anak diajarkan adab-adab yang dasar, makan, minum, tidur, dan masih banyak lagi. Jika masa golden age anak-anak dapat pengajaran dan dibiasakan hal-hal baik, ini akan berdampak positif hingga anak tumbuh dewasa. Efeknya bisa ke prestasi dan pencapaian masa depannya,” imbuh Dahri.

Ia juga menyambut positif bagi orang tua yang mempercayakan pendidikan anak usia dini putra –putrinya ke PAUD Unggulan Ar Risalah. Karena sudah terakreditasi di BAN-SM. Artinya, kata Dahri, PAUD yang berada di bawah naungan Pesantren Modern Ar Risalah ini sudah memenuhi delapan standar pelayanan pendidikan. (02)

Rekomendasi Berita