oleh

Jangan Galau, Temukan Ketenangan Dalam Alquran

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Alquran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami ; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Qs. Al-A’raf ayat : 52)

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Galau, mengeluh merasa seakan seluruh masalah menimpa pada kita. Kerapkali itu dirasakan sebagian besar manusia. Khusus bagi umat Islam, disarankan untuk kembali pada Alquran.
Menurut Ust Budi Satriadi dalam Alquran Surah Al-A’raf ayat 52 dijelaskan ‘Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Alquran) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami ; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman’.

“Maka kalau kita mau membaca firman Allah (Alquran) tentu mereka akan dapati jawaban atas setiap masalah yang dihadapinya,” terang Direktur Bidang Akademik Pesantren Modern Ar Risalah ini.

Jadi, kata Ust Budi, masalah apapun yang kita hadapi solusinya ada di dalam Alquran. Ibarat manusia ini robot maka Alquran ini adalah petunjuk manual bagaimana mengoperasikan robot itu.

Bagaimana tanda-tanda robot yang kekurangan baterai (iman) misalnya. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengisi dayanya kembali. Bagaimana jika ada robot yang mati (semangatnya). Apa yang harus dilakukan. Jawaban semua itu ada di dalam buku manual tadi (Alquran).

“Jadi mari kita kembali kepada Allah dengan sungguh-sungguh memahami ayat-ayat Alquran. Sungguh Allah menjawab setiap masalah kita. Ketika kita mengeluh, maka akan selalu ada jawaban dari Allah SWT untuk kita. Saya contohkan, misal kita ngeluh begini ‘Rasanya aku tidak mampu menghadapi masalah seperti ini, berat terasa oleh ku. Sungguh aku tak sanggup lagi! Sungguh Allah menjawab dalam Alquran yang artinya ‘Jika Allah menghendaki sesuatu, Allah cukup berkata jadi maka jadilah’,” jelasnya.

Maka dari itu biasakanlah diri untuk benar-benar mempelajari Alquran dengan baik. Sungguh Alquran itu menjawab setiap masalah. Maka ambillah obat atau madu darinya.(02)

Rekomendasi Berita