oleh

Jamu Gendong Asli Racikan Sendiri

KENANGA – Ingin menikmati jamu gendong asli? Anda baiknya coba berkunjung ke produsennya, di Usaha Pembuatan Jamu Gendong Wakijem, Jalan Kenanga RT 11, No.66, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Lubuklinggau Utara II.

Usaha ini dibawah binaan UP2K PKK Kecamatan Lubuklinggau Utara II melalui Kelurahan Senalang yang berjumlah lebih kurang 20 orang.

Owner Jamu Gendong Kenanga Wakijem melalui M Sugianto mengatakan jamu gendongnya asli yang diracik sendiri.

Mulai dari kunyit, jahe , beras kencur, dan sambiloto, dan masih banyak bahan pembuatan jamu lainnya.

Bahan dasar pembuatan jamu diambil dari Lubuklinggau dan pulau Jawa seperti paitan dan dawung.

Cara Pengelolaan jamunya menggunakan batu giling untuk menumbuk rempah-rempah jamu hingga menjadi halus. Setelah halus rempah tersebut direbus menggunakan air hingga mendidih kemudian disaring ambil airnya dan dimasukkan dalam botol untuk disimpan dan di jual langsung. Karena untuk jamu bisa bertahan paling lama satu hari karena khasiat jamu gendong hanya satu hari.

Jenis jamu bermacam-macam dari jamu kocok biasa dan jamu campur yang bisa mengatasi seperti pegal- pegal, menambah stamina, masuk angin, menghilangkan rasa capek dan bisa menyegarkan tubuh dan jamu kunyit bagi ibu-ibu usai melahirkan.

Menurut Sugianto, usaha jamu ini mulai dibuka tahun 2002 dalam program pemberdayaan wanita.

Berkat eksistensinya dalam produksi, Usaha Jamu Wakijem ini pernah mendapat piagam penghargaan di acara UKM Jamu Gendong yang adakan di Hotel Abadi. Penghargaan diserahkan langsung oleh Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, tahun 2018. (adi)

Rekomendasi Berita