oleh

Jalur Perseorangan Sepi Peminta

KPU Lubuklinggau Hanya Terima Berkas Toyeb-Sofian

“Sampai hari terakhir ini, hanya Toyeb-Sofian yang daftar, sementara yang lainnya belum ada konfirmasi,” kata Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Masa penyerahan syarat dukungan calon perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau akan berakhir, namun hanya satu Pasangan Calon (Paslon) yang daftar, yakni H Toyeb Rakembang-Sofian.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengungkapkan kalau sampai hari terakhir, dirinya tidak menerima konfirmasi dari kandidat lain, yang akan maju Pilkada melalui jalur perseorangan.

“Sampai hari terakhir ini, hanya Toyeb-Sofian yang daftar, sementara yang lainnya belum ada konfirmasi,” kata Gatot Widjianto, Rabu (29/11).

Namun, dilanjutkan Gatot, sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan mengenai masa penyerahan syarat dukungan untuk calon perseorangan, maka pada hari terakhir ini masa pendaftaran akan dibuka hingga pukul 12.00 WIB.

“Kita (KPU, red) membuka pendaftaran sesuai dengan tahapan dan ditutup juga sesuai tahapan. Dan pada, 30 November sampai 8 Desember akan dilakukan verifikasi administrasi terhadap syarat dukungan Paslon,” jelas Gatot.

Mengenai verifikasi administrasi, dijelaskan Gatot, dilakukan oleh tim Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Semuanya diperiksa, mulai dari nomor induk dukungan, alamat pendukung dan usia pendukung, kalau ditemukan ada yang persyaratan yang tidak sesuai akan diminta untuk melengkapinya, dan berkas dinyatakan Belum Memenuhi Syarat (BMS). Kemudian, pada 9-12 Desember Paslon diminta untuk melakukan perbaikan terhadap persyaratan yang sudah dinyatakan BMS. Sebab, pada 12-25 Desember akan dilakukan verifikasi faktual oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) terhadap syarat dukungan yang sudah diserahkan.

Bila syarat dukungan yang diserahkan di bawah ambang batas minimal, yakni 15.470. Maka, Paslon bersama tim pendukungnya harus, melakukan perbaikan lagi. Selanjutnya, pada 30 Januari-5 Februari 2018, KPU Kota Lubuklinggau kembali melakukan verifikasi faktual.

“5 Febuari 2017, kita akan tetapkan apakah syarat yang diserahkan memenuhi syarat atau tidak,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita