oleh

Jalin Kerjasama Secara Kontinu dengan Wali Murid

Murid SDN 16 Lubuklinggau Boyong Tropi

Prestasi membanggakan diraih oleh lima peserta didik SD Negeri 16 Lubuklinggau. Pencapaian itu tentu mengharumkan nama sekolah. Apa saja prestasi yang digapai?

Laporan Mutiara Rahma, Pasar Pemiri

DIANTARA raihan prestasi tersebut yakni, juara 1 lomba menyanyi tingkat Lubuklinggau, Yasmin Atira, Juara II Naisyahbila, Juara harapan III, Alia Aisyah, lomba puisi tingkat Lubuklinggau, Al-Haqi Oktadielo Wiratama dan Juara favorit, Naifah Arya Aqilah.

“Alhamdulillah lima murid kami meraih juara dalam perlombaan tingkat Lubuklinggau. Prestasi ini, tentu saja menjadi hal yang membanggakan bagi kita. Karena sudah bisa membawa harum nama sekolah,” kata Kepala SD Negeri 16 Lubuklinggau, Hj Misliah didampingi Guru Pembina Ekstrakulikuler Seni, Anneke Anggraini kepada Linggau Pos, Rabu (10/1).

Menurut Misliah, prestasi ini jelas tidak mudah diraih oleh peserta didik. Mengingat, peserta dari sekolah-sekolah yang lain tidak kalah bagusnya. Apalagi perlombaan ini tingkat Lubuklinggau, sehingga persaingannya sangat ketat.

“Saya selalu memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus memanfaatkan waktu luang untuk terus belajar dan menggali potensi yang dimiliki. Karena, kalau sejak SD sudah dimotivasi secara terus menerus, dapat membangkit semangat peserta didik dalam belajar dan berprestasi,” tuturnya.

Memang, lanjut Misliah, tidak mudah dalam membangkit semangat peserta didik saat ini. Karena, sekarang banyak sekali pengaruh yang membuat semangat belajar menurun seperti adanya gadget.

Namun, semua itu dapat diantisipasi, jika ada motivasi dan kemauan dari peserta didik itu sendiri.

“Guru pembina ekstrakulikuler juga secara kontinu selalu mengajari anak-anak. Sehingga ketika ada perlombaan, maka anak-anak sudah siap dalam berkompetisi,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Misliah, yang membuat SD Negeri 16 Lubuklinggau lebih unggul, adalah adanya komunikasi dari guru dan orang tua. Ini dianggap Misliah penting, karena kalau tidak ada komunikasi, maka permasalahan ataupun program sekolah tidak bisa terlaksana dengan baik.

“Kita mengedepankan komunikasi dengan orang tua, jadi perkembangan anak di sekolah juga dapat diketahui oleh orang tua di rumah. Ini yang membuat sekolah kita lebih unggul. Ditambah lagi, orang tua juga mendukung setiap ada perlombaan yang diikuti oleh peserta didik. Makanya berbagai tropi bisa kita dapat dengan baik,”ungkapnya.

Kedepan, Misliah berharap prestasi seperti ini terus diraih oleh peserta didik di SD Negeri 16. Sehingga, bisa menjadi motivasi bagi peserta didik yang lain untuk terus berprestasi. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita