oleh

Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Segera Dibangun

Terowongan Sepanjang 9 Kilometer

CURUP – Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau yang segera dibangun bakal melintasi Kabupaten Rejang Lebong. Jalan tol ini direncanakan akan dibuat dengan jalur terowongan, lebih kurang 9 Kilomater (Km) tepatnya di sekitar Taman Wisata Bukit Kaba.

Informasi ini disampaikan Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (DPUPR) Kabupaten Rejang Lebong, Suhadi. Dijelaskan Suhadi, terowongan jalan Tol kemungkinan akan melintas dari kawasan Kaba Wetan Kabupaten Kepahiang, kemudian jalur Bukit Kaba dan tembus di Lawang Agung Kecamatan Sindang Beliti Ulu (SBU), sampai ke kawasan sekitar Bandara Silampari Lubuklinggau.

Ditambahkan Suhadi, dalam pembangunan jalan tol Pemkab Rejang Lebong akan dilibatkan dalam menentukan titik koordinat yang akan dilintasi jalan tol.

“Kalau anggarannya semuanya dari pusat, kita hanya menentukan titik koordinatnya saja,” jelasnya.

Rencananya, jalur tol akan melintasi sejumlah kabupaten termasuk Rejang Lebong, beberapa kecamatan dalam kabupaten Rejang Lebong nantinya akan dilintasi. Seperti pada kawasan Desa Bengko Kecamatan Sindang Dataran, kemudian Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) dan Kecamatan Sindang Beliti Ulu.

Meski kewenangan pusat, pihaknya juga saat ini sudah mulai berkoordinasi dengan sejumlah Kades dan lurah soal pembebasan lahan. Sebab, dalam pembebasan lahan yang akan dilintasi jalan Tol akan melibatkan lahan milik masyarakat.

“Kalau untuk lebar jalan tol sekitar 60 meter,” tambah Suhadi.(sam)

News Feed