oleh

Jalan SMB Sering Digenangi Air

Dampak Pengerjaan Pelebaran Jalan

LINGGAU POS ONLINE, MARGA MULYA – Warga Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, mengeluhkan genang air di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin. Pasalnya genangan tersebut pasti ada, setelah turun hujan, Minggu (3/12).

Hal ini diungkapkan Yanto (39), warga Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II.

“Genangan ini mulai sering terjadi setelah Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, melakukan pengerjaan pelebaran jalan beberapa tahun lalu. Dampak dari pengerjaan pelebaran jalan tersebut, drainase mereka tidak ada,” ungkap Yanto.

Meski sudah berkali-kali disampaikan ke pemerintah setempat, Yanto menegaskan, kalau sampai saat ini belum ada tanggapan. Mereka sangat berharap, proyek pembuatan drainase dapat kembali dilakukan karena jika tidak rumah mereka bisa setiap saat dimasuki air.

“Dulunya sih bagus-bagus saja, tapi sejak adanya pelebaran jalan dan drainase yang ada dihancurkan makanya sering tergenang air. Dan sampai saat ini, drainase tersebut belum dibuat kembali. Saya pribadi sudah melaporkannya ke RT dan Lurah, namun tampaknya belum ada tindakan,” jelas Yanto.

Hal yang sama juga disampaikan Anton (27) warga Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Pria yang bekerja di salah satu perusahaan pembiayaan ini mengaku jika akibat dari adanya genangan air tersebut nyamuk di tempat tinggalnya begitu banyak.

Pria dua orang anak ini juga berharap agar secepatnya ada pembangunan drainase, karena jika tidak masyarakat khususnya Kelurahan Marga Mulya akan mudah terserang penyakit karena banyaknya genangan air yang menjadi sarang nyamuk.

“Dulu nyamuk di sini tidak begitu banyak, tetapi sekarang baik siang maupun malam masih sama saja banyak nyamuk, karena drainase dari rumah warga tidak mengalir. Ya harapan kami mudah-mudahan pemerintah dapat menyelesaikan proyek drainase ini sehingga air dari rumah warga dapat mengalir,” jelas Anton.

Sementara itu, Ketua RT 06 Slamet (58) menegaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan kelurahan mengenai drainase tersebut.

“Kami sudah melakukan koordinasi tentang tidak ada drainase dijalan tersebut, sampai saat ini belum ada perbaikan, dikarenakan jalan tersebut kewenangan pemerintah pusat, jadi butuh proses panjang untuk mengusulkannya,” tegasnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita