oleh

Jalan Provinsi Berlubang

LINGGAU POS ONLINE– Masyarakat Desa Sukamenang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengeluhkan jalan penghubung Desa Terusan ke Desa Sukamenang rusak tak kunjung diperbaiki. Jalan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Sepanjang jalan banyak lubang, bahkan cukup dalam. “Sudah berpuluh-puluh tahun jalan penghubung antara Desa Terusan dan Desa Sukamenang ini rusak, banyak lubang sepanjang jalan. Jadi saat melintas kami sebagai sopir harus berhati hati,” ujar Kurnia, sopir Angdes sukamenang

Ditambahnya, akibat banyaknya lubang sepanjang jalan membuat mobilitas masyarakat menjadi terganggu. Bahkan sering terjadinya kecelakaan akibat lubang yang cukup dalam. “Kalau jalannya bagus kita melintas bisa 10 menit saja, kalau seperti ini membuat laju kendaraan melambat dan menjadikan waktu tempuh cukup lama bisa mencapai 30 menit,” tambahnya.

Sementara itu Hengki warga Desa Tanjung Agung mengutarakan hal yang sama, dia tidak memungkiri bahwa jalan sudah ada yang diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi, namun hal tersebut tidak memberikan dampak berarti.

“Sudah ada yang diperbaiki sekitar panjang 300 meter, namun tahu sendiri yang rusak masih cukup parah. Kami berharap Pemkab Muratara mampu berkomunikasi dengan Pemprov Sumsel sehingga adanya anggaran untuk perbaikan jalan ini,” sampainya.

Ditambahnya, kerusakan jalan sangat berdampak terhadap beberapa desa yang dihubungkan oleh jalan tersebut, seperti Desa Muara Batang Empu, Sukamenang, Rantau Telang, Sukaraja dan Bukit Ulu. “Banyak desa yang melalui jalan ini, jadi semua desa semuanya pasti mengharapkan jalan ini diperbaiki,” tambahnya.

Diteruskannya, kerusakan jalan diakibatkan oleh banyaknya kendaraan tonase tinggi yang melintas sehingga jalan tidak mampu menampung berat kendaraan tersebut. “Mobil sawit, mobil kayu, alat berat, juga ada mobil bermuatan batu dan pasir yang sering melintas, jadi rusaklah jalan ini,” katanya.(fji)

Rekomendasi Berita