oleh

Jalan Desa Banyak Rusak

EMPAT LAWANG – Masuk musim penghujan, kerusakan jalan desa jadi jebakan yang membahayakan bagi pengendara. Sebab, jalan-jalan itu tertutup air, sehingga tak jarang pengendara yang melintas bisa kecelakaan lantaran tak bisa mengendalikan laju kendaraan saat terjebak jalan rusak.

Situasi itu terjadi di beberapa desa. Seperti Desa Pancur, Desa Mekar Jaya dan Desa Aur Gading, Kecamatan Tebing Tinggi.

“Kami berharap agar jalan kabupaten yang di desa ini bisa diperhatikan oleh Pemkab Empat Lawang agar segera mendapat perbaikan,”harap Roh, warga Desa Aur Gading, Rabu (16/1).

Kecelakaan kerap terjadi malam, karena warga tidak bisa melihat dengan jelas jalan yang berlubang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Empat Lawang, Syarkowi Rasid melalui Kepala Bidang (Kabid), Eri Apriansyah membenarkan pihaknya sudah mengetahui banyaknya jalan-jalan desa yang rusak.

“Memang kelemahan aspal itu apabila tergenang air pasti akan rusak, dan itu terjadi bukan hanya di Kecamatan Tebing Tinggi saja melainkan di kecamatan yang lain juga terjadi kerusakan,” jelasnya.

Jadi lanjut Eri, pihaknya berharap peran aktif pemerintah desa dalam agar segera melaporkan ke DPUPR Bidang Jasa Marga.

“Apabila usulan sudah masuk dalam Musrenbang dan berkasnya sudah kami terima maka kita prioritaskan untuk mendapatkan perbaikan jalan, dan tentu saja sesuai dengan kemampuan anggaran daerah Kabupaten Empat Lawang yang terbatas,” imbuhnya.

Dengan anggaran yang terbatas, pihaknya akan berusaha untuk membagi agar pembangunan jalan setiap kecamatan bisa dibagi rata.

“Anggaran perbaikan jalan ini jumlahnya tidak terlalu besar jadi kita akan usahakan untuk dibagi rata dan kedepan kita akan mengecek usulan di Musrenbang guna menentukan prioritas jalan yang akan segera diperbaiki,” tuturnya.

Dan ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap sabar apabila anggaran tahun ini jalan di desanya belum diperbaiki.

“Kalau belum bisa anggaran tahun ini, insya Allah tahun depan yang pasti kita akan dahulukan yang menjadi prioritas dan yang sudah diusulkan di Musrenbang,” tegasnya. (key)

Rekomendasi Berita