oleh

Jalan Berlubang Segera Diperbaiki

MUSI RAWAS – Jebolnya gorong-gorong yang mengakibatkan jalan di Desa Tambangan menuju Desa Pelawe Kecamatan BTS Ulu Cecar beberapa hari lalu, saat ini sudah dilakukan perbaikan. Hal itu dipastikan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mura, Adi Winata kepada koran ini, Kamis (7/2).

Hasil pengecekan bersama Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU BM), PT SRMD, PT Tropik Energi Pandan dan PT Pertamina, pada jalan longsor terdapat gorong-gorong plat 30 yang kondisinya masih berfungsi baik.

Namun, diduga kerusakan itu disebabkan oleh kendaraan yang overload dan overdimensi ditambah iklim curah hujan yang tinggi. Adapun upaya cepat yang dilakukan, yakni disepakati mulai hari ini (kemarin, red) dilakukan perbaikan bersama oleh full team tiga perusahaan itu.

“Perbaikannya dengan penimbunan material padat 12 x 6 meter, dan akan dilakukan finishing dengan cor beton bertulang volume 7 x 6 meter,” kata Adi Winata.

Adi Winata mengimbau kepada masyarakat, bahwa untuk sementara jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh kendaraan pribadi maksimal 1 ton.

“Kendaraan berat, seperti truk sawit, truk tangki minyak mentah akan dihentikan dan dilarang melintasi sampai jalan selesai diperbaiki dan aman dilalui,” imbaunya.

Kandar (35) warga setempat mengatakan kerusakan jalan ini sangat mengkhawatirkan pengendara, lantaran lubangnya semakin melebar jika tidak segera diperbaiki maka akan putus.

“Rusaknya jalan ini disebabkan kendaraan besar, tronton, trealer yang membawa beban berat sehingga jalan ini jadi rusak,” kata Kandar.

Kerusakan jalan ini sudah lama, dari lubang kecil hingga kerusakan besar seperti sekarang. Selain itu jalan pun menjadi miring, sehingga kerap kali menimbulkan korban celakaan.

“Ya, kita harap perbaikannya cepat diselesaikan, karena tidak ada jalan alternatif lain,” ucap pria anak dua ini. (dlt)

Rekomendasi Berita