oleh

Jaksa Tahan Oknum Kades Biaro Baru

LINGGAU POS ONLINE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau, Jumat (27/9) menahan oknum Kepala Desa  (Kades) Biaro Baru Kecamatan Karangdapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Syahrul Jauzi.

Oknum Kades ini ditahan jaksa, setelah pelimpahan dari penyidik Sat Reskrim Polres Musi Rawas, sekitar pukul 14.00 WIB. Syahrul Jauzi diduga terlibat penggelapan dana Rp46 juta milik para plasma sawit milik KUD Biaro Bangkit Bersatu.

Awalnya Syahrul Jauzi datang dengan tangan terborgol diiringi penyidik Satreskrim Polres Musi Rawas. Beberapa kerabat kades ini ikut hadir dalam pelimpahan tersebut, termasuk pengacaranya Dodi IK.

Kajari Lubuklinggau Hj Zairida melalui Kasi Pidana Umum Faiq Fiqri Sofa mengatakan, oknum kades akan didakwa dengan Pasal 372 KUHP dengan ancaman penjara empat tahun dan Pasal 374 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun.

“Syahrul Jauzi resmi ditahan. Dia sudah dititipkan ke Lapas Klas IIA Lubuklinggau. Pelaku memanfaatkan jabatannya untuk menguasai uang tersebut,” ujarnya sambil menjelaskan, telah ditunjuk Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanda Hardika dan Sumarherti untuk menangani perkaranya.

Kasus yang membawa Syahrul Jauzi ke balik jeruji besi, bermula adanya laporan Husein, pada 27 Oktober 2018 ke Polres Musi Rawas. Ia diduga menggelapkan dana hasil urunan petani plasma KUD Biaro Bangkit Bersatu Rp46 juta. Sedianya dana itu, untuk syukuran telah mendapatkan lahan plasma yang rencananya dibarengi kegiatan Isra Miraj pada 14 April 2018, namun tidak terealisasi.(*)

Sumber: mureks.id

Rekomendasi Berita