oleh

Jajal SP6, KULAT Bangun Jembatan

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Jika biasanya latihan mengambil start di kawasan dalam Kota, seperti dari Grand Zuri Hotel dan Citimall, pada latihan rutin tahun ini Komunitas Lahat Adventure Trail (KULAT) justru mengambil titik di luar Kota. Ya, demikian yang dilakukan para trailer KULAT belum lama ini, di mana mereka mengambil start sekaligus memusatkan latihan rutin mereka di SP6 Kelurahan Saribungamas.

Dipilihnya Kelurahan yang cukup jauh dari sentrum perkotaan ini tentu memiliki tujuan tersendiri. Dan hal ini diakui oleh Ketua Pelaksana KULAT, Ganda melalui Bendahara Hendriansyah.

“Ya, kita ingin memberikan nuansa yang berbeda pada latihan rutin kali ini,” tutur Hendriansyah, Senin (6/11).

Pria yang akrab disapa Eenk Muda menerangkan, latihan bareng yang digelar KULAT rupanya diisi dengan pelbagai kegiatan Bakti Sosial (Baksos). Salah satunya, membangun jembatan di atas sungai setempat sebagai jalur menuju ke perkebunan warga.

“Jadi, sembari latihan bareng, kita juga memanfaatkan momen ini dengan membangun dua unit jembatan dari kayu,” terangnya.

Keberadaan dua unit jembatan ini, sambung Eenk, rupanya sangat vital bagi warga sekitar. Mengingat sebelumnya, warga harus melalui jalur memutar dengan jarak tempuh yang cukup jauh untuk menuju ke perkebunan mereka

“Nah, alhamdulillah dengan adanya jembatan ini jarak tempuh warga sekitar menuju ke perkebunan mereka pun menjadi singkat,” katanya, seraya menambahkan pembangunan jembatan murni menggunakan dana swadaya para anggota KULAT.

Lebih lanjut, pria yang cukup difigurkan sebagai tokoh pemuda ini menjelaskan, tujuan daripada latihan rutin tahunan yang digelar KULAT ini tidak lain untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antar para trailer anggota komunitas.

“Disamping itu juga, tentu untuk mengasah kemampuan masing-masing trailer,” jelasnya.

Tak hanya para trailer lokal Kabupaten Lahat, latihan rutin KULAT tahun ini juga diramaikan para trailer luar Kabupaten bahkan luar Provinsi, diantaranya dari Kabupaten Ogan Ilir (OI), Baturaja, Kota Lubuk Linggau, Kepahyang, PALI, Provinsi Jambi hingga Wonosobo.

“Alhamdulillah di luar dugaan. Pesertanya mencapai sekitar 780 orang,” imbuhnya, seraya berharap latihan ini berkelanjutan kedepannya.

Sementara itu, Bupati Lahat H. Aswari melalui Plt. Sekda H. Haryanto mengapresiasi latihan bareng yang digelar KULAT. Menurutnya, latihan bareng ini tentu menjadi persembahan yang menarik dan tentunya menghibur bagi warga sekitar.

“Ini tentu akan berdampak pada aspek lainnya, seperti ekonomi kreatif atau ekonomi kerakyatan di Kelurahan setempat, jika event seperti ini sering digelar,” kata Haryanto. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita