oleh

Jaga Stabilitas Tubuh Pada Musi Pancaroba

LINGGAU POS ONLINE, TABA PINGIN – Memasuki penghujung tahun dan jelang tahun baru, akhir-akhir ini sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami perubahan cuaca atau yang juga dikenal dengan musim pancaroba. Kondisi ini tentunya berkaitan erat dengan pembagian dua musim di tanah air sebagai bagian wilayah area tropis.

Musim seperti sekarang ini daya tahan tubuh akan semakin menurun, sehingga banyak penyakit akibat virus yang mulai di derita oleh masyarakat. Seperti flu, demam, batuk, pilek hingga Alergi.

Dr Diah Permata Sari, menjelaskan bahwa dalam kondisi seperti diharapkan masyarakat Kota Lubuklinggau untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan tubuh.

“Perhatikan kesehatan dengan mengonsumsi vitamin, makanan yang sehat, olah raga dan istirahat yang cukup dapat membantu menjaga stabilitas tubuh. Dan musim Pancaroba diharapkan untuk masyarakat rajin mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan. Karena masker dapat melindungi kita dari polusi, walau tidak dapat melindungi kita dari seluruh virus,” jelas dr. Diah.

Perubahan udara dan temperatur ini tentunya sedikit banyak akan berpengaruh pada tubuh, sebab tubuh kita akan secara otomatis bekerja keras untuk dapat menyesuaikan diri dengan temperatur yang ada di sekitarnya. Nah, pada saat itu pula sistem imunitas atau daya tahan tubuh kita terhadap penyebab penyakit (virus) menjadi berkurang. Alhasil pada musim ini tidak heran jika banyak orang yang akan terserang banyak penyakit pada musim ini.

Untuk Masker yang baik adalah masker dengan rekomendasi dari dokter. Yaitu masker dengan warna hijau dan biru.

“Masker ini adalah masker yang aman digunakan. Dan hanya boleh digunakan selama empat jam saja,” tutupnya. (18)

Komentar

Rekomendasi Berita